Yamaha Mio S

Polisi Tetapkan 2 Tersangka Tabrakan Tol Cipularang

  Rabu, 04 September 2019   Dede Nurhasanudin
Polisi menetapkan dua tersangka dalam kasus kecelakaan beruntun Tol Cipularang di kilometer 91 yang terjadi Senin (2/9/2019) kemarin. Dua tersangka itu adalah DH pengemudi Dump Truk Hino bernomor polisi B 9410 UIU dan S pengemudi Dump Truk Hino B 9763 UIT. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Polisi menetapkan dua tersangka dalam kasus kecelakaan beruntun Tol Cipularang di kilometer 91 yang terjadi Senin (2/9/2019) kemarin.

Dua tersangka itu adalah DH pengemudi Dump Truk Hino bernomor polisi B 9410 UIU dan S pengemudi Dump Truk Hino B 9763 UIT.

AYO BACA : Truk Trailer Terguling di Tol Cipularang KM 86

Kapolres Purwakarta AKBP Matrius mengatakan, penetapan kedua tersangka berdasarkan sejumlah alat bukti, yaitu keterangan saksi-saksi termasuk keterangan tersangka dan barang bukti yang ada di TKP, baik korban yang meninggal dunia maupun selamat.

Keterangan lain berdasarkan bukti-bukti selama olah TKP digelar yang dilakukan sampai dua kali. Lainnya berdasarkan olah barang bukti untuk melihat keterkaitan kuat kasus truk terguling dan truk yang menabrak dari belakang.

AYO BACA : Empat Jenazah Kecelakaan Tol Cipularang Dipindahkan

"Tersangka S pengemudi truk menabrak dari belakang kita melakukan penahanan. Sementara pengemudi truk terguling bernama DH meninggal dunia dan membuat hukum yang ditetapkan kepadanya otomatis gugur," ujar Matrius dalam konferensi pers didampingi Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, di Aula Polres Purwakarta, Rabu (4/9/2019).

Matrius menyebut, kedua tersangka mengemudikan jenis truk dari perusahaan dan dengan muatan yang sama. Yang membuat peristiwa itu terjadi, lantaran muatan yang mereka bawa, yakni tanah, melebihi kapasitas truk. Seharusnya truk maksimal membawa muatan 12 ton namun dalam kejadian truk mereka bermuatan tanah hingga 37 ton.

Untuk itu, pihaknya juga akan melakukan pendalaman kasus, mengingat kedua tersangka tersebut hanyalah pengemudi. "Mereka hanya pengemudi dan otomatis ada yang memperintahkan. Itu akan kita dalami," kata dia.

Untuk tersangka S dijerat Pasal 310 ayat 4, 310 ayat 2 dan 310 ayat 1 tentang lalu lintas angkutan jalan. "Tersangka S terancam kurungan 6 tahun penjara," tegas Kapolres

AYO BACA : Dump Truk Terlibat Kecelakaan Tol Cipularang Kelebihan Muatan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->