Yamaha Aerox

P3K Solusi Meningkatkan Kesejahteraan Pegawai Kontrak

  Rabu, 11 September 2019   Dede Nurhasanudin
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Upah kerja tenaga pendidik honorer sebagian besar masih berada di bawah standar. Tak terkecuali di Kabupaten Purwakarta masih banyak di antara mereka yang menerima upah kerja di bawah Rp500.000 per bulan.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengakui jika para tenaga pendidik honorer atau guru tidak tetap (GTT) masih menerima upah kerja di bawah standar.

Anne pun tidak bisa berbuat banyak atas kondisi tersebut, apalagi ada intruksi dari pemerintah pusat agar secara bertahap menghilangkan dengan targetan 2024 tidak ada lagi namanya GTT, pegawai tidak tetap (PTT) dan tenaga harian lepas (THL) atau lainnya.

"Seluruh tenaga kontrak daerah itu harus secara bertahap kemudian dialihkan ke pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K)," ujar Anne, Rabu (11/9/2019).

AYO BACA : PLN Sudah Berikan Kompensasi, Begini Cara Mengeceknya

Anne menilai, peralihan itu akan menjadi solusi bagi mereka agar mendapatkan upah kerja sesuai standar dan layak untuk kebutuhan hidup. "UMK kita di atas Rp3.000.000, minimal mendekati nominal itu," kata Anne.

Untuk itu, Anne berkomitmen tahun ini melakukan pengurangan,  pada penerimaan CPNS selanjutnya akan mulai juga pembukaan P3K bagian dari pengalihan dari tenaga kontrak daerah.

"Kalau hari ini masih banyak, dan berdasarkan pengamatan beberapa pihak termasuk saya secara pribadi selaku bupati, itu pada akhirnya membebani anggaran pemerintah daerah, sulit rasanya jika harus memerikan upah kerja untuk GTT mengandalkan dari APBD," ucap Anne.

Peralihan ke P3K selain akan menaikan upah kerja juga kemampuan mereka akan diuji sesuai standar yang dibutuhkan, terutama bagi GTT  yang selama ini diangkat oleh kepala sekolah untuk mengisi kekosongan.

"Pada penerimaan P3K nanti mereka akan diuji mulai dari kemampuan, keahlian dan kompetensinya disamping upah kerja layak berstandar nasional," ujar Anne.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar