Yamaha

Anne Targetkan 2020 Purwakarta Menjadi Pusat Oleh-Oleh Jabar

  Sabtu, 12 Oktober 2019   Dede Nurhasanudin
Simping oleh-oleh khas Purwakarta. (Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menargetkan 2020 mendatang Purwakarta menjadi pusat oleh-oleh di Jawa Barat.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) konsisteng mengembangkan produk yang selama ini telah digeluti.

"Sejauh ini denyut perekonomian masyarakat melalui UMKM cenderung berkembang. Bahkan ekonomi kreatif terus bermunculan. Dari mulai jenis kuliner maupun buah tangan lain semisal salah satu makanan khas Purwakarta yaitu simping," ungkap Anne beberapa waktu lalu.

Anne pun telah memproyeksikan supaya ke depan Purwakarta menjadi salah satu pusat buah tangan atau oleh-oleh, membuat centra-centra UMKM, baik itu jenis makanan maupun cindra mata atau ekonomi kreatif lainnya.

“Misalnya, nanti di sekitar Kaum, atau Jalan Gandanegara kita buat Kampung Simping. Lokasi ini nantinya jadi central oleh-oleh Simping khas Purwakarta. Jadi, wisatawan atau pengunjung yang datang ke Purwakarta tak perlu lagi bingung nyari oleh-oleh,” kata Anne.

Selain itu, dalam sektor kepariwisataan di Purwakarta telah berkembang sejak beberapa tahun terakhir. Jumlah kunjungan wisatawan pun meningkat setiap tahun.

Menurutnya, hal itu tentu menjadi peluang besar dalam meningkatkan perekonomian. Apalagi peluang pengembangan ekonomi kreatif warganya sangat besar.

"Sektor pariwisata di Purwakarta sedang tumbuh pesat, warga harus bisa menangkap peluang tersebut,” ujar Anne menambahkan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar