Yamaha Aerox

Pemkab Purwakarta Fokus Meraih Predikat KLA

  Senin, 14 Oktober 2019   Dede Nurhasanudin
Para pelajar tengah bermain permainan tradisional di Taman Pasanggrahan Purwakarta. (Ayopurwakarta.com/Istimewa)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARYA.COM -- Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta fokus dalam mendapatkan predikat kota layak anak (KLA).

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, kantor pemerintahan dan area publik harus menjadi tempat ramah bagi anak-anak. Bahkan beberapa waktu lalu di HUT Pramuka, dirinya meminta agar pramuka bisa menyasar anak-anak.

Tak hanya itu, semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diwajibkan harus memiliki ruang laktasi. Upaya itu dilakukan agar predikat KLA dapat terealisasi.

"Kita dorong agar Kabupaten Purwakarta bisa menjadi salah satu daerah yang mendapatkan predikat Kota Layak Anak," ujar Anne, Senin (14/10/2019).

Dinas Sosial, Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan, dan Anak (P3A) Kabupaten Purwakarta terus melakukan sosialisasi KLA ke pemerintah desa, perkampungan, terutama ke sekolah-sekolah.

"Bagian dari instrumen kabupaten atau kota layak anak salah satunya yang dicanangkan oleh kementerian pemberdayaan perempuan bahwa untuk di Tahun 2030 Indonesia harus layak anak," ujar Kabid Perlindungan Anak Dinas Sosial P3A Kabupaten Purwakarta, Nur Aisah Jamil.

Adapun soal fasilitas publik di Purwakarta yang merupakan salah satu elemen menjadi nilai acuan, Nur Aisah Jamil mengatakan sudah lama Purwakarta fasilitas publiknya sudah sangat ramah anak.

Bahkan Taman Surawisesa, Bale Pasanggrahan Padjajaran, dan taman lainnya sudah memenuhi kriteria layak anak. "Kalau fasilitas bahkan sekitar 2015 taman - taman di Purwakarta sudah masuk kriteria ramah anak, hanya saja fokus mengejar predikat KLA pada tahun ini," kata dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->