Yamaha Aerox

Manfaatkan Lahan Kosong, Kadis Dispangtan : Ini Contoh Bagi Warga Purwakarta

  Jumat, 08 November 2019   Dede Nurhasanudin
Sayuran di perkebunan Opal yang berada di sekitar kantornya. (ayopurwakarta/Dede Nurhasanuddin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta memanfaatkan sedikit lahan kosong untuk ditanami berbagai jenis sayuran di lingkungan kantornya.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Agus Rachlan Suherlan mengatakan, perkebunan ini dinamai Obor Pangan Lestari (Opal) ditanami sejumlah jenis sayuran, di antaranya pakcoy, tomat, cabai rawit dan saledri.

Opal ini merupakan contoh bagi masyarakat perkotaan yang tak memiliki lahan luas namun masih bisa bercocok tanam memanfaatkan lahan di sekitar rumah dalam penyediaan pangan. 

"Ini sebagai contoh jika dalam ruang sempit kita bisa mengoptimalkan produktifitas menanam sayuran,"ungkap Agus, Jumat (8/11/2019).

Ia menjelaskan, menanam sayuran dapat menggunakan media hidroponik namun bisa juga sayuran ditanam langsung di atas tanah. Perkebunan itu menjadi ruang terbuka hijau mempercantik pekarangan rumah.

"Di kantor kami ada dua lahan yang disulap menjadi perkebunan, pertama Opal di sekitar parkir kendaraan kedua di dalam kantor memanfaatkan lahan pemisah antar gedung,"kata Agus.

Tidak hanya lahan, Agus juga menyarankan kepada masyarakat jika sisa-sisa makanan jangan langsung dibuang begitu saja karena dapat diolah menjadi kompos.

Agus menambahkan, limbah makanan dari perkantoran di sini juga dimanfaatkan menjadi pupuk organik hasil dari pengolahan limbah domestik diolah melalui Bio Digester yang ditambah cairan.

Hasil olahan melalui Bio Gester selain menghasilkan kompos juga menghasilkan mikro organisma yang dapat menyuburkan tanaman. "Kompos dimanfaatkan untuk media tanaman sayuran karena banyak mengandung unsur nitrogen,"ucap dia.


 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->