Yamaha

Biaya Perawatan Taman Air Sri Baduga Paling Boros

  Selasa, 26 November 2019   Dede Nurhasanudin
Pengunjung di Taman Air Mancur Sri Baduga. (Ayopurwakarta/Dede Nurhasanuddin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Kabupaten Purwakarta memiliki 68 taman yang tersebar di 17 kecamatan. Taman-taman ini menjadi ruang terbuka hijau yang mempercantik tatanan kota.

Keindahan taman-taman itu tentunya tak terlepas dari perawatan yang dilakukan secara intens oleh pemerintah setempat. Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta merinci biaya perawatan untuk 68 taman termasuk Taman Air Mancur Sri Baduga.

AYO BACA : Menikmati Sensasi Sore di Taman Maya Datar Purwakarta

"Untuk biaya perawatan taman secara global mencapai Rp6,5 miliar per tahun," ungkap Kepala Bidang Pertamanan dan PJU Distarkim Purwakarta, Kosasih, Selasa (26/11/2019).

Dia mengatakan, dari semua taman yang ada, biaya perawatan untuk Taman Air Mancur Sri Baduga paling besar mencapai Rp1 miliar. Namun biaya sebesar itu untuk revitalisasi.

AYO BACA : Terlanda Kemarau, Taman Tematik Purwakarta Perlu Perhatian Lebih

"Kemarin kita baru revitalisasi Taman Air Mancur Sri Baduga termasuk kursi penonton pencapai Rp1 miliar," kata dia.

Dia menjelaskan bahwa sebetulnya biaya perbaikan sifatnya kondisional tidak dilakukan setiap hari. Artinya biaya yang dikeluarkan juga cenderung sedikit jika kondisi taman tetap dalam kondisi baik.

"Kalau untuk perawatan seperti melakukan penyiraman dilakukan hampir setiap hari," ujar kosasih.

Selain itu, dia berpendapat mengenai biaya Taman Air Mancur Sri Baduga yang cukup mahal tentu harus disertasi terobosan baru. Misalnya penarikan retribusi kunjungan untuk mengurangi beban anggaran.

"Retribusi tiket masuk bagi penonton yang terjangkau misalnya, itu bisa menjadi solusi mengurangi beban belanja," ujar Kosasih.

AYO BACA : Kunjungan Wisatawan Diprediksi Tidak Akan Tercapai

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar