Yamaha NMax

Ceu Titin Sulap Ikan Jadi Oleh-oleh Purwakarta

  Senin, 02 Desember 2019   Dede Nurhasanudin
camilan UMKM buatan Titin. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

JATILUHUR, AYOPURWAKARTA.COM -- Memanfaatkan melimpahnya hasil tangkapan ikan, Titin, warga Kampung Mekarsari Ubrug, Desa Cibinong, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, berhasil membuka Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Industri rumahan yang saya geluti mengolah ikan menjadi camilan basreng dan kerupuk kulit ikan," ungkap perempuan akrab disapa Ceu Ttitin itu ditemui saat membuka stan dalam acara The 1st  International Jatiluhur Jazz Festival 2019, Minggu (1/12/2019).

Kedua camilan itu memiliki dua rasa yang cukup memanjakan lidah sehingga mampu disebut salah satu oleh-oleh khas Purwakarta.

"Rasanya ada basreng balado dan original, dan untuk kerupuk kulit ikan juga ada dua rasa, yaitu original dan pedas," ujar dia.

Dia mengatakan, kedua camilan itu dikemas dalam sebuah plastik berukuran 14x25 centimeter dan dipatok harga senilai Rp15.000 untuk basreng dan Rp20.000 untuk harga kerupuk kulit ikan.

"Setiap hari saya produksi minimal 180 bungkus, kemudian dikirim ke para pelanggan dan outlet yang telah kerja sama," ujar Ceu Titin.

Dia berharap pemerintah ikut serta mendorong usahanya, terutama dalam segi pemasaran. Meski pemasaran dianggap sudah ada, namun menurutnya, masih kurang karena makanan yang dirinya produksi belum dikenal secara luas.

"Pemasaran alhamdulilah sudah ada, tapi kami berkeinginan lebih dari itu, dan saya mengapresiasi juga pada PJT II telah memfasilitasi para pelaku UMKM pada acara even musik, tentu akan membuka pasar lebih luas," ucap dia.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->