Yamaha NMax

Anne Minta Warga Tidak Tebang Pohon Manggis

  Selasa, 03 Desember 2019   Dede Nurhasanudin
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat mengunjungi stand manggis pada acara Festival manggis di Desa Babakan kecamatan Wanayasa beberapa waktu lalu. (ayopurwakarta/Dede Nurhasanuddin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika meminta warga untuk tidak menebang pohon manggis meski telah menua.

Menurutnya, pohon manggis yang sudah berusia tua ini masuk dalam kategori plasma nutfah yang keberadaannya harus dilestarikan.

Pohon manggis Purwakarta masuk dalam varietas Wanayasa dan sudah terdaftar secara resmi di Kementerian Pertanian. Untuk itu keberadaannya harus dilestarikan.

"Pohon manggis yang usianya tua masih produktif. Bahkan, sudah jadi varietas yang tersertifikasi oleh Kementerian Pertanian, cara kita melestarikan dengan tidak menebang pohon manggis," ungkap Anne, Selasa (3/12/2019).

Ia menjelaskan, pohon manggis tumbuh subur di daerah datarang tinggi seperti di Kecamatan Wanayasa, Kiarapedes, Bojong dan Kecamatan Darangdan dengan luasan lahan perkebunan mencapai 1.500 hektare.

Adapun rata-rata produksi buah manggis saat panen raya sekitar 47 ton per hektare. Hasil panen tersebut, selama ini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal, tapi juga hingga mancanegara atau kebutuhan ekspor.

"Kalau untuk ekspor sih tidak ada batasan, tapi sejauh ini kami baru mampu mengekspor sekitar 30 ribu ton saja per tahun. Target kami dimusim panen tahun depan bisa ekspor 50 ribu ton,” kata dia berharap.

Anne menambahkan, sejak 2017 lalu pemerintah pusat membuka kran ekspor manggis ke sejumlah negara Asia. Sejak saat itu angin segar tengah menerpa para petani manggis di wilayahnya.

Buah ratu buah tropis Purwakarta tidak hanya dikirim ke Cina melainkan juga membanjiri pasar buah di negara ASEAN, Eropa dan Timur Tengah.

"Alhamdulillah, kran ekspor telah dibuka sehingga komoditi unggulan khas Purwakarta saat ini bisa menembus pasar internasional. Ini menjadi angin segar bagi kami," ujar Anne.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->