Yamaha

Berikut Data Bencana Alam di Purwakarta Sepanjang 2019

  Jumat, 06 Desember 2019   Dede Nurhasanudin
Bencana 'hujan batu' akibat penambangan di Purwakarta. (Ayobandung.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta melansir peristiwa yang terjadi sepanjang tahun 2019 sampai tanggal 5 Desember.

Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi DPKPB Kabupaten Purwakarta Adang Syarif Hidayat mengatakan, sepanjang 2019 peristiwa kebakaran paling sering terjadi dengan frekuensi mencapai 397 kejadian atau setara 69% dari total kejadian bencana sepanjang tahun.

"Kebakaran paling tinggi di Kecamatan Purwakarta Kota sebanyak 70 kali," ungkap dia, Jumat (6/12/2019).

Selain itu, peristiwa tanah longsor dan angin puting beliung juga terjadi di sejumlah kecamatan. Tanah longsor terjadi sebanyak 27 kali sementara angin puting beliung 9 kali.

Adang menambahkan, data tersebut merupakan angka berjalan mengingat belum genap satu tahun. Bukan tidak mungkin di luar dugaan bencana alam kembali terjadi, apalagi saat ini mulai memasuki musim penghujan.

Meski begitu, dia berharap bencana alam tidak terjadi meski sejumlah wilayah di Purwakarta masuk ke dalam kategori rawan longsor dan angin puting beliung.

"Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengantisipasi supaya dampak dari bencana alam bisa diminimalisasi," ujar dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar