Yamaha

Menyimak 'Manusia dan Budaya Sunda' di Museum Bale Indung Rahayu Purwakarta

  Senin, 09 Desember 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Museum Bale Indung Rahayu yang terletak di Jalan RE Martadinata No. 10, Kabupaten Purwakarta. (Dok. Diskominfo Kabupaten Purwakarta)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Bagi Anda yang ingin mengetahui perjalanan kehidupan manusia dari dalam kandungan sampai akhir khayat dalam balutan budaya Sunda, Anda bisa berkunjung ke Museum Bale Indung Rahayu yang terletak di Jalan RE Martadinata No. 10, Purwakarta, Jawa Barat.

Destinasi wisata ini memberikan wawasan budaya edukatif yang didukung dengan teknologi digital dan menarik untuk dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Bale Indung Rahayu ini, terbuka untuk umum pada hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Untuk masuk ke galeri ini tidak dipungut biaya alias gratis.

bale-indung-rahayu

AYO BACA : 3 Kerajinan Asli Purwakarta yang Diapresiasi Dunia

Salah satu ruang di dalam Museum Bale Indung Rahayu. (Dok. Diskominfo Kabupaten Purwakarta)

Bale Indung Rahayu yang berarti Tempat Kemuliaan Ibu bertutur tentang proses kelahiran manusia dan peran seorang ibu dalam merawat anak-anaknya dengan sentuhan budaya sunda. Kehidupan dan perjalanan hidup manusia di alam sunda ditampilkan secara apik melalui seni relief, lukisan, pahat, dan bangunan.

Selama berada di Bale Indung Rahayu, pengunjung akan benar-benar memahami tentang kehidupan dan penjelasan mengenai peran seorang ibu dengan diiringi alunan musik khas Sunda yang turut dihadirkan di dalam museum.

AYO BACA : Pemkab Purwakarta Dorong Pertumbuhan UMKM lewat Program Pariwisata

bale-indung-rahayu-kesekian

Banyak hal dapat dipelajari di Museum Bale Indung Rahayu. (Dok. Diskominfo Kabupaten Purwakarta)

Selain itu, di dalam ruangan ini juga diisi dengan sejumlah permainan anak khas Sunda tempo dulu. Bentuknya ada yang berupa lukisan, foto, hingga beberapa bentuk fisik yang bisa dimainkan seperti congklak. Namun ada pula beberapa jenis permainan yang hanya dipajang dan tidak boleh dimainkan. Di ruangan yang lain terdapat juga gambaran tanah Sunda yang identik dengan hutan dan alam yang harus dijaga.

bale-indung-rahayu-kesekian-lagi

Tema Sunda menjadi konsep besar dalam Museum Bale Indung Rahayu. (Dok. Diskominfo Kabupaten Purwakarta)

Masuk ke ruang berikutnya terdapat miniatur rumah adat sunda, gambar pakaian adat sunda, dipajang alat musik, peralatan dapur, dan juga dipajang makanan tradisional khas Sunda. Semua  yang ada di Bale Indung Rahayu ditata dengan estetika yang ditunjang dengan teknologi digital.

AYO BACA : Tingkatkan PAD, Taman Air Mancur Sri Baduga Akan Ditarik Retribusi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar