Yamaha

Pemahaman Menjaga Cagar Budaya Harus Ditingkatkan

  Selasa, 10 Desember 2019   Dede Nurhasanudin
Pemerhati Budaya Provinsi Jawa Barat, Asep Hadian Adipraja (kiri) saat memberikan materi dalam Sosialisasi Inventarisasi dan Pemetaan Potensi Kebudayaan, di Aula Kantor Disporaparbud, Kabupaten Purwakarta, Selasa (10/12/2019). (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Pemerhati Budaya Provinsi Jawa Barat, Asep Hadian Adipraja mengajak masyarakat agar menjaga cagar budaya dan diduga cagar budaya yang ada di lingkungan sekitar termasuk di Purwakarta.

Menurutnya, kategori masuk ke dalam cagar budaya sangat beragam mulai dari bangunan, benda kuno, benda pusaka, tempat, atau lokasi yang memiliki nilai sejarah.

"Jika ada cagar budaya di lingkungan sekitar maka sudah sepantasnya kita jaga dan lestarikan," ujar Asep ditemui usai memberikan materi dalam Sosialisasi Inventarisasi dan Pemetaan Potensi Kebudayaan, di Aula Kantor Disporaparbud, Kabupaten Purwakarta, Selasa (10/12/2019).

Dirinya menjelaskan, jika warga menemukan benda atau yang dianggap memiliki nilai sejarah dapat dikordinasikan dengan dinas terkait dan tetap menjaga sambil menunggu hasil penelitian.

"Jika itu terbukti memiliki nilai sejarah maka akan menambah cagar budaya di Purwakarta," kata dia.

Selain itu, Asep juga mengajak masyarakat untuk tidak merubah bentuk keaslian cagar budaya. Jika hal itu dikesampingkan, maka akan merusak pasal bangunan yang secara estetika yang berlandaskan etika kurang baik.

"Jika cagar budaya di suatu bangunan ditambah plang misalnya apalagi merubah bentuknya bangunan, itu akan merusak identitas," ujar dia.

Menurutnya, pemahaman seperti itu di tengah masyarakat dinilai masih kurang, hal itu tentu perlu didorong agar pemahaman masyarakat mengenai itu bertambah.

"Pemkab Purwakarta juga harus memberikan pemahaman mengenaui soal itu," kata dia.

Sementara, Sekdis Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Heri Anwar mengaku, pihaknya terus menggali cagar budaya yang ada di Purwakarta yang nantinya mampu mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Kita libatkan petugas kecamatan dalam sosialisasi ini untuk mengajak mereka menggali dan menjaga cagar budaya yang sudah ada. Yang sudah tercatat saat ini ada 26 tersebar di Purwakarta," ujar Heri.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar