Yamaha

Demi Anak Jalanan, Dinsos Purwakarta Butuh Rumah Singgah

  Kamis, 12 Desember 2019   Dede Nurhasanudin
ilustrasi rumah singgah . (Ayobandung.com/Kavin Faza)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Dinas Sosial Kabupaten Purwakarta memerlukan tempat pembinaan atau rumah singgah bagi anak jalanan, gelandangan, atau sejenisnya.

Kepala Dinsos Kabupaten Purwakarta Asep Surya Komara mengatakan, keberadaan rumah singgal dianggap penting untuk memberikan pembinaan atau pengobatan kepada para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) tersebut sebelum dikembalikan ke daerah asalnya.

Selama ini, pihaknya pun tahu bahwa sebagian besar di antara para PMKS yang berkeliaran di jalan merupakan pendatang jauh yang mencoba mencari peruntungan sehingga singgah di Purwakarta.

"Kalau ditanya butuh, ya jelas kami sangat membutuhkan rumah singgah. Ketika mereka dikirim ke kami, bisa diperlakukan selayaknya," ujar Asep, Kamis (12/12/2019).

Asep mengatakan, keinginan itu bukan berarti belum pihaknya upayakan. Sejauh ini, pihaknya bahkan telah menentukan lokasi di wilayah Ciwareng, Kecamatan Babakan Cikao. Lokasi itu merupakan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan dinilai strategis, tinggal sebatas realisasinya saja.

"Usulan telah disampaikan ke Pemprov Jabar dan kami masih menunggu kajian dan perizinannya, mudah-mudahan diizinkan," kata dia berharap.

Jika Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan izin, pihaknya lalu akan mengusulkan anggaran pembangunan untuk rumah singgah. Pihaknya pun sudah memperkirakan besaran anggaran tersebut, sekitar Rp2 miliar.

"Kalau kita sudah memiliki rumah singgah pembinaan kepada anak jalanan, gelandangan atau sejenisnya akan lebih maksimal," kata  Asep.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar