Yamaha

Ini Dia Terobosan Baru Keramik Plered Purwakarta

  Jumat, 13 Desember 2019   Dede Nurhasanudin
Pernak pernik keramik fungsi dan hias menggunakan cat lebih cerah sebagai terobosan baru. (ayopurwakarta/Dede Nurhasanuddin)

PLERED, AYOPURWAKARTA.COM -- Sudah sejak lama Plered dikenal sebagai penghasil gerabah keramik di Kabupaten Purwakarta. Buah tangan yang dihasilkan para perajin ini sudah tidak bisa diragukan lagi kualitasnya.

Kerajinan tangan berbahan dasar tanah liat ini telah berbahasil tembus pasar mancanagera. Keberhasilan itu tidak terlepas dari kreativitas para perajin dalam menciptakan desain baru yang mampu menarik perhatian konsumen.

IMG-20191212-WA0010

Kepala UPTD Sentra Pengembangan Keramik Plered, Kabupaten Purwakarta, Mumun Maemunah mengatakan, di penghujung tahun 2019 pihaknya meluncurkan inovasi baru dalam segi warna.

Pihaknya mencoba memilih warna cerah untuk pengecatan gerabah keramik. Pemilihan warna cerah merupakan salah satu gagasan hasil pendampingan bersama Kementerian Perindustrian selama 18 hari.

AYO BACA : Rangkaian Acara Malam Tahun Baru 2020 di Purwakarta

"Biasanya pemilihan warna gerabah keramik tidak terlalu mencolok, sekarang kita mencoba memilih perpaduan warna lebih cerah, kalau bentuk keramiknya masih desain dulu hanya dalam warna saja yang kita rubah, tapi ada juga perajin menciptakan desain baru, seperti alas meja, " ujar dia, Jumat, (13/12/2019). 

Terobosan desain keramik fungsi dan hias ini membidik pasar luar negeri agar jumlah ekspore meningkat pada 2020 mendatang. Sistem pemasaran sendiri biasanya para perajin mengikuti pameran keramik tingkat nasional disamping gencar melakukan promosi melalui media sosial atau web resmi.

Mumun menambahkan, sejauh ini jumlah ekspore gerabah keramik ke luar negeri cukup signifikan meski mengalami pasang surut setiap tahunnya.

"Ditahun ini kita sudah ekspore 56 kontainer ke luar negeri, diharapkan tahun depan ada peningkatan setelah adanya desain baru ini," kata dia.

 

 

AYO BACA : Belasan Anak Ular Kobra Muncul di Permukiman Warga Purwakarta

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar