Yamaha

Luapan Sungai Cikao Tak Berimbas ke Wisata Cikao Park

  Selasa, 31 Desember 2019   Dede Nurhasanudin
Sungai Cikao Meluap. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Intensitas curah hujan tinggi membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Purwakarta tergenang air, Selasa (31/12/2019).

Hal itu diketahui setelah banyak beredar video melalui pesan singkat WhatsApp. Semisal Kampung Baru Tegal Onder, Kecamatan Pasawahan.

Bahkan ada juga beredar video menyebutkan air di Sungai Cikao tak jauh dari Objek Wisata Cikao Park meluap. Dari video berdurasi 0.12 detik itu terekam suara penyebutkan "Inilah Cikao, Waw Besar". Saung atau gazebo terlihat di dalam video nyaris roboh diterjang derasnya aliran air di sungai tersebut.

Marketing Communication Cikao Park, Agung Prasetio membenarkan jika luapan air itu terjadi tak jauh dari Objek Wisata Cikao Park. "betul, tapi tidak berimbas ke area wisata," ungkap dia.

Saat ditanya soal bebatuan warna warni terendam air, Agung menyebut bebatuan tersebut memang ada namun bukan daerah sekitar objek wisata.

AYO BACA : Cikao Park Cocok untuk Berlibur di Akhir Tahun

"Untuk video yang beredar di medsos kami memastikan bahwa luapan air Sungai Cikao. Bukan banjir di Objek Wisata Cikao Park," ujar dia menegaskan.

Agung mengatakan, saat proses pembangunan pihaknya sangat memperhitungkan berbagai kemungkinan yang terjadi akibat luapan air.

"Jarak antara tempat wisata dengan aliran Sungai Cikao sangat kami perhatikan, agar pengunjung aman. Di sekitar bibir sungai, kami juga memasang larangan berenang," kata dia.

Sementara, PLT Dinas Bina Marga dan Pengairan Purwakarta, Hariman Budi Anggoro menanggapi sejumlah wilayah di Purwakarta tergenang air. Ia mengatakan, banjir-banjir cileuncang yang terjadi hari ini dikarenakan memang intensitas hujan yang tinggi.

Namun, terkait fenomena banjir yang terjadi di Purwakarta, kata Hariman, bukan menjadi ranah dari Dinas Bina Marga dan Pengairan, melainkan Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Purwakarta.

"Ada di Distarkim bukan kami. Tapi kami tadi sudah koordinasikan. Kami juga akan berkoodinasi dengan KLH dalam hal pengerukan saluran air menyoal penanganan soal ini," ujar dia.

AYO BACA : Kolam Ombak Jadi Daya Tarik Pengunjung di Cikao Park Purwakarta

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar