Yamaha

Isi Waktu Senggang, Ini Aktivitas Wakil Bupati Purwakarta

  Sabtu, 04 Januari 2020   Dede Nurhasanudin
Wakil Bupati Purwakarta , Aming saat menggarap sawah. (ayopurwakarta/Dede Nurhasanddin)

SUKATANI, AYOPURWAKARTA.COM -- Wakil Bupati Purwakarta, Aming, keluar dari rumah mengenakan pakaian tak biasa. Kaos dan celana panjang hitam menjadi pakaian yang dikenakan hari ini.

Topi berwarna putih menjadi pelengkap tambahan untuk menyangga kepala dari panasnya terik matahari.

Orang nomor dua di Kabupaten Purwakarta itu kemudian bergerak menuju lahan persawahan tak jauh dari rumahnya di Desa Tajursindang Kecamatan Sukatani, lengkap membawa alat tani seperti cangkul dan pisau parang.

Meski telah menjadi seorang pejabat, namun Aming tidak canggung kembali turun ke sawah melakoni aktivitas sebelum menjabat wakil bupati mendampingi Anne Ratna Mustika memimpin Purwakarta.

"Kalau diwaktu senggang atau libur memang saya garaf sawah, yah, menghilangkan kepenatan di tengah kesibukan saja," ungkap dia, Sabtu (4/1/2020).

Ia mengaku, mencangkul atau membersihkan lahan persawahan dari rerumputan liar bukan hal baru dalam kehidupannya saat ini. Bertani adalah aktivitas rutin sedari dulu yang sering dilakoni.

"Saya kan asli dari lembur (kampung), jadi bertani hal biasa, dan tidak ada salahnya waktu libur diisi untuk bertani," kata dia.

Disinggung soal alih fungsi lahan, Aming menyebut tidak boleh terjadi, persawahan harus tetap digarap dan dipertahankan agar ketahanan pangan di Purwakarta surplus. Jika banyak alih fungsi maka pasokan beras terancam.

"Itu yang saya ajak kepada warga, pertahankan lahan pertanian yang ada," ujar Aming.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar