Yamaha

Optimalkan Pengawasan, Satgas Citarum Harum Menyidak PT MSS

  Senin, 13 Januari 2020   Dede Nurhasanudin
Sidang Satgas Citarum Harum sektor 13 ke PT MSS. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

TEGALWARU, AYOPURWAKARTA.COM -- Satgas Citarum Harum Sektor 13 mengoptimalkan pengawasan aliran Sungai Citarum di wilayah Purwakarta.

Komandan Sektor 13, Kolonel Inf. Nazwardi Irham mengatakan, pengawasan dilakukan secara berkala dengan menyisir aliran Sungai Citarum. Jika ditemukan ada pendangkalan kemudian dilakukan upaya agar aliran sungai tersebut kembali normal.

"Hari ini kami kembali inspeksi dadakan ke PT Mandiri Sejahtera Sentra (MSS) salah satu perusahaan tambang batu yang berlokasi di wilayah Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru," ungkap dia, Senin (13/1/2020).

Dia menjelaskan, sidak dilakukan untuk meninjau perbaikan aliran Sungai Cibuluh oleh PT MSS yang sebelumnya sempat dangkal akibat aktivitas perusahaan tambang batu tersebut.

"Sudah nampak beberapa kubangan yang dibangun oleh pihak perusahaan dalam hal ini PT MSS," kata dia.

Dia mengapresiasi upaya PT MSS dalam mengembalikan fungsi Sungai Cibuluh yang sebelumnya sempat dangkal dan pasif.

"Kami berharap sungai ini (Cibuluh) dapat kembali berfungsi sebagaimana mestinya, dan tidak lagi tercemar akibat aktivitas perusahaan. Sehingga air sungai Cibuluh dapat kembali dimanfaatkan warga sekitar," ujar dia.

Safety PT MSS, Adang Nugraha mengaku, untuk menormalisasi aliran, pihaknya membangun lima kubangan dan juga tembok penahan tebing (TPT) di bibir Sungai Cibuluh yang masuk ke lingkungan PT MSS.

Selain itu, pihaknya juga berkomitmen untuk melakukan pemeliharaan lebih lanjut, baik terhadap sungai maupun lokasi sumber mata air yang biasa dikonsumsi warga yang ada di lingkungan perusahaan.

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin mewujudkan komitmen kami dalam menjaga kelestarian lingkungan," kata dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar