Yamaha

Petugas Puskesmas Plered Temukan 3 Orang Diduga Terjangkit DBD

  Rabu, 15 Januari 2020   Dede Nurhasanudin
Nyamuk Aedes aegypt perantara virus dengeu. (WikiImages/Pixabay )

PLERED, AYOPURWAKARTA.COM -- Petugas Puskesmas Plered, Kabupaten Purwakarta mencatat tiga orang diduga terkenan demam berdarah dengue (DBD) pada Januari 2020.

Petugas surveilans Puskesmas Plered, Aan Suandana, mengatakan, mereka berasal dari tiga desa, Cibogohilir, Rawasari, dan Sindangsari.

Dua pasien sempat memeriksakan diri ke di puskesmas kemudian dirujuk. Sementara satu pasien hasil temuan di lapangan yang kini tengah dirawat di salah satu rumah sakit di Purwakarta.

"Ada tiga orang yang kami data, satu hasil temuan di lapangan yang langsung berobat ke rumah sakit. Ketiganya trombosit turun dan dapat dikatakan DBD," kata dia.

AYO BACA : Seorang Warga Darangdan Meninggal Diduga Akibat DBD

Menurutnya, kasus DBD di Kecamatan Plered cenderung kecil jika dibandingkan wilayah lain, seperti Kecamatan Darangdan. Meski begitu pihaknya tetap melakukan antisipasi agar wabah yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti tidak menyebar.

"Kami melakukan penyuluhan mengenai kebersihan lingkungan kepada nasyarakat," ujar Aan.

Selain itu, Aan juga mengaku telah melakukan himbaun kepada masyarakat agar waspada pada musim penghujan yang rawan bermunculan sejumlah penyakit seperti DBD.

"Kami himbau warga untuk meningkatkan pola hidup sehat, terutama menjaga lingkungan tetap bersih," ujar dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar