Yamaha

Purwakarta Waspadai Peningkatan Kasus DBD pada Februari

  Senin, 27 Januari 2020   Dede Nurhasanudin
ilustrasi. (Pixabay)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Dinas kesehatan Kabupaten Purwakarta mewaspadai peningkatan kasus demam berdarah dengue (DBD) pada musim penghujan. Apalagi berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) peningkatan curah hujan terjadi sampai Februari 2020 mendatang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta Deni Darmawan mengatakan, kasus DBD tahun ke tahun juga sering kali muncul di sejumlah wilaya di Purwakarta. Namun antisipasi harus tetap dilakukan agar kasus DBD menurun.

"Kemarin ada suspect DBD di Kecamatan Darangdan, untuk itu kita harus antisipasi munculnya DBD menyerang masyarakat pada tingginya curah hujan ini," ungkap dia, Senin (27/1/2020).

Dia mengatakan, upaya yang dilakukan untuk mencegah peningkatan kasus DBD adalah dengan menyiagakan posko-posko pelayanan di semua puskesmas, dan juga call center rujukan di 02648393004 untuk pasien atau warga yang kesulitan mencari rawat inap.

"Jadi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan silahkan datang ke puskesmas, puskesmas disiagakan 24 jam, atau menghubungi nomor yang sudah disebutkan tadi," ujar Deni.

Selama Januari 2020, pihaknya mencatat sekitar 30-50 pasien suspect DBD di sejumlah kecamatan. Namun jumlah itu, ujarnya, baru dugaan, belum positif terjangkit DBD.

"Artinya baru mengarah terpapar DBD, karena untuk memastikannya harus ada cek darah," kata dia.

Selain itu, Deni mengimbau kepada masyarakat meningkat pola hidup sehat agar tidak terjangkit penyakit yang sering muncul pada musim penghujan seperti DBD.

"Kesadaran masyarakat menjaga lingkungan sangat diperlukan dalam menekan kasus DBD, kalau tidak, yah sulit," ujar Deni.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar