Yamaha

Belum Semua Guru Honorer di Purwakarta Miliki NUPTK

  Rabu, 19 Februari 2020   Dede Nurhasanudin
Aksi unjuk rasa guru honorer. (Ayobandung.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan kebijakan baru mengenai penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS), yang sebelumnya 15% saat ini naik menjadi 50% untuk honorarium guru honorer.

Namun yang menjadi syarat mendapatkan dana dari BOS tersebut bagi guru honorer yang telah memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).

AYO BACA : Guru Honorer di Purwakarta Dapat BPJS TK Gratis

Kebijakan tersebut menuai persoalan di lapangan lantaran guru honorer belum sepenuhnya memiliki NUPTK, termasuk di Kabupaten Purwakarta.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto mengakui jika guru honorer di Purwakarta belum semuanya memiliki NUPTK.

AYO BACA : Disdik Purwakarta Upayakan Kesejahteraan Guru Honorer

Ia mencatat guru honorer di sekolah negeri yang memiliki NUPTK sebanyak 1.642 orang dan yang belum sebanyak 559 orang. 

Sementara di sekolah swasta yang memiliki NUPTK 238 dan yang belum 327 orang. Namun pihaknya telah melangkah terkait persoalan yang ada.

"Fokus kita pencairan itu belum bisa dilakukan ke guru sama belanja barang dan jasa. Karena juknis baru butuh adaptasi. Transaksi sekarang semua non tunai, sementara untuk guru honorer masih ada kendala dengan NUPTK dan data pokok pendidikan (dapodik). Ini kan perlu pemahaman secara teknis dan yuridis dari kepala sekolah dan itu sudah kita lakukan kemarin," ungkap dia, Rabu (19/2/2020).

Anggaran BOS telah masuk ke rekening masing-masing sekolah sejak 17 Februari 2020 lalu. Purwanto mempersilahkan pihak sekolah untuk menggunakan sesuai peruntukan dua bulan berjalan dan diusahakan belanja non-tunai.

"Silahkan pergunakan, yang penting semua dibelanjakan jangan menyimpang dari rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS) yang dibuat," ujar dia.

AYO BACA : Pelaku Video Syur Berseragam PNS adalah 2 Guru Honorer SMK di Purwakarta

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar