Yamaha

2 Pelaku Pengedar Uang Palsu di Purwakarta Dibekuk Polisi

  Jumat, 21 Februari 2020   Dede Nurhasanudin
Barang bukti berupa uang palsu yang tak sempat diedarkan oleh pelaku yang diamankan Polsek Maniis, Purwakarta. (Ist)

MANIIS, AYOPURWAKARTA.COM -- Polisi membekuk dua terduga pelaku pengedar uang palsu yang beroperasi di Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta.

Kapolsek Maniis AKP Suparlan mengatakan, mereka dibekuk setelah laporan masyarakat yang mencurigai aktivitas transaksi jual-beli dengan uang palsu itu terendus di warung milik warga di blok Sangiang, Desa Cijati, Kecamatan Maniis.

Petugas pun bersama warga kemudian melakukan pengejaran terhadap kedua pelaku yang sudah diketahui ciri-cirinya hingga tertangkap.

"Kami melakukan pengejaran dan akhirnya kedua pelaku berhasil diamankan di sekitar Desa Gunungkarung pada Kamis (20/2/2020) kemarin," ungkap Suparlan, Jumat (21/2/2020).

Selain uang palsu mencapai puluhan juta rupiah, polisi juga mengamankan satu unit sepeda motor, satu ransel warna abu-abu, dua buah telepon genggam, dua kartu identitas pelaku, dan sebuah tas berwarna hitam sebagai barang bukti.

"Kedua pelaku dan barang bukti sudah kami amankan guna proses penyidikan lebih lanjut," katanya.

Dia menjelaskan, sebagian uang palsu dari tangan pelaku diduga sudah beredar meliputi wilayah selatan Kabupaten Purwakarta seperti Kecamatan Maniis, Tegalawaru, Plered, dan Darangdan.

Menurutnya, berdasarkan keterangan pelaku, mereka mengincar warung-warung kecil dan pedagang keliling karena dianggap jarang memeriksa keaslian uang. "Kami imbau warga untuk berhati-hati terutama saat bertransaksi, jika ada hal mencurigakan segera lapor kepolisian," ujar Suparlan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar