Yamaha

Goreng Simeut Cirangkong Ramaikan Camilan di Purwakarta

  Sabtu, 29 Februari 2020   Dede Nurhasanudin

CIBATU, AYOPURWAKARTA.COM--Aneka kuliner tersedia di Kabupaten Purwakarta, selain simping, surabi tersedia juga goreng simeut (belalang).

Kuliner yang satu ini boleh jadi masih asing di masyarakat, bahkan tak sedikit yang menganggapnya makanan ekstrem, terlebih di zaman sekarang yang marak dengan makanan instan atau junk food yang mudah didapat.

Meski begitu, makanan yang satu ini dapat dijadikan camilan atau lauk teman makan yang siap memanjakan lidah para pecinta kuliner.

Goreng simeut ini merupakan makanan khas Cirangkong yang dikembangkan oleh Yahya Warga Kampung Cilandak Desa Cirangkong, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta.

"Awalnya hanya resep keluarga atau dijual sebatas ke tetangga saja. Namun sejak tiga tahun lalu saya dan istri mencoba menjualnya ke masyarakat umum, Alhamdulillah banyak yang suka,” ujar dia, Sabtu (29/2/2020).

Pertama kali mengembangkan usaha ini, Yahya mengaku menjualnya dengan menggunakan mobil miliknya.

Resep yang digunakan menggunakan bumbu rempah sesuai dengan resep yang diwariskan secara turun temurun.

"Awalnya saya biasa mangkal di depan SMA 1 Purwakarta atau di depan Alun-alun. Kini mangkal di salah satu kios di depan Apotek Nabila Jalan Veteran. Saya banderoal Rp10.000 per kotak plastik,” ujarnya.

Ia mengatakan, bahan baku belalang diperolehnya dari para penangkap belalang langganannya.

Untuk sekali produksi biasanya Yahya menyiapkan bahan utama belalang sebanyak 10 kilogram.

Selanjutnya belalang yang sudah disortir direbus dan dibumbui. "Baru setelah itu digoreng dan dikemas," ujar dia.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar