Yamaha

Purwakarta Telah Miliki 150 Motif Batik Khas

  Minggu, 08 Maret 2020   Dede Nurhasanudin
Warga tengah belajar membuat motif batik khas Purwakarta. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan (Disperindag) telah merilis 150 desain batik.

Kepala Bidang UMKM pada Disperindag Kabupaten Purwakarta Ahmad Nizar mengatakan, semua motif batik itu memiliki ide dasar dan filosofi yang melatarbelakangi penciptaannya.

Salah satunya, motif batik karakter Purwakarta memiliki arti tentang ciri atau karakter masyarakat Purwakarta yang tumbuh berkembang seperti halnya puspa bangsa yaitu melati, atau tentang spirit Sunda di Purwakarta.

"Yang pertama rilis 100 desain batik, kemudian desain tambahan pada bulan ini sebanyak 50, jadi total 150. Semuanya memiliki makna terkandung di dalamnya, tidak sembarangan," ungkap dia, Minggu (8/3/2020).

Ia menjelaskan, desain batik yang diciptakan melibatkan tim ahli dari akademisi pada bidang batik, kemudian dirilis sebagai batik khas Purwakarta.

"Nantinya dikembangkan oleh warga Purwakarta, diharapkan di masa mendatang Purwakarta menjadi sentra batik di Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Jawa Barat," ujar dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar