Yamaha

Pemkab Purwakarta Komitmen Terus Kembangkan Batik

  Minggu, 08 Maret 2020   Dede Nurhasanudin
Warga tengah belajar membuat motif batik khas Purwakarta. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Purwakarta berkomitmen akan terus mengembangkan menciptakan desain batik baru khas Purwakarta.

Diketahui, Pemkab Purwakarta saat ini telah merilis 150 desain batik khas Purwakarta yang memiliki makna dan filosofi berbeda.

"Kami tidak berhenti di sini, pengembangan akan terus kami lakukan," ungkap Kepala Bidang UMKM pada Disperindag Kabupaten Purwakarta, Ahmad Nizar, Minggu (8/3/2020).

Ia mengatakan, tim yang dibentuk telah bergerak secara akademis baik secara literasi maupun studi lapangan untuk menghasilkan motif batik baru khas Purwakarta.

Menurutnya pelestarian budaya batik harus senantiasa dilakukan agar batik di Purwakarta terus berkembang dengan mengedepankan inovasi kearifan lokal.

"Motif batik harus terus dikembangkan, kalau tidak up to date wirausaha yang digaungkan akan sirna dan mati," kata Ahmad Nizar.

Sejauh ini, lanjut Ahmad Nizar pihaknya sering kali memberikan pembelajaran cara membuat batik khas Purwakarta kepada masyarakat dengan melibatkan orang-orang ahli di bidang batik.

Jika mereka telah memahami, kata dia, maka batik dapat dikembangkan di setiap wilayah masing-masing. Sehingga menghasilkan kreativitas yang memiliki nilai jual tinggi untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kemarin pelatihan batik dilakukan di Jatiluhur dan juga di Desa Cadasari Kecamatan Tegalwaru untuk meramaikan dan menggalakan program batik di Purwakarta," ujar dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar