Yamaha

Konsumsi Jahe Berlebihan Bisa Berefek Buruk

  Selasa, 24 Maret 2020   Vina Elvira
ilustrasi. (Pixabay)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Jahe merupakan salah satu bahan dapur yang populer karena memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, mengonsumsi jahe juga sapat memberikan efek samping tertentu.

Asupan jahe yang berlebihan, dapat menyebabkan diare, rasa mulas, dan sakit perut. 

Meskipun efek samping dari jahe sebagian besar terjadi karena konsumsi berlebihan, penting bagi Anda untuk waspada dan mengetahui apa saja efek samping yang diberikan saat mengonsumsi jahe secara berlebihan.

Melansir dari Stylecraze, Jumat (20/3/2020) berikut 4 efek samping mengonsumsi jahe yang perlu Anda tahu:

1. Dapat Menyebabkan Rasa Mulas

Jika dikonsumsi dalam jumlah  tinggi (lebih dari 4 gram per hari), dapat menyebabkan mulas ringan. Efek samping lainnya termasuk sakit perut dan sendawa.

Jika Anda mengonsumsi jahe sebagai obat alternatif dan mengalami mulas sebagai efek samping, Anda mungkin ingin mencoba jahe dalam bentuk kapsul. Ini mungkin tidak menghasilkan efek samping.

2. Dapat Menyebabkan Pendarahan

Jahe dapat memperburuk masalah perdarahan. Beberapa ahli percaya bahwa jahe dapat menyebabkan perdarahan karena sifat anti-platelet (pengencer darah).

3.  Dapat Menyebabkan Diare

Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, jahe dapat menyebabkan diare. Gingerol, bahan aktif dalam jahe, mempercepat perjalanan makanan melalui usus dan dapat menyebabkan diare.

4. Dapat Menyebabkan Sakit Perut

Jahe merangsang sekresi empedu, yang bermanfaat bagi pencernaan. Tetapi jika perut Anda kosong, ini dapat menyebabkan rangsangan lambung berlebih, menyebabkan gangguan pencernaan dan perut buncit.

Gingerol dalam jahe (yang mirip dengan capsaicin, bahan aktif dalam banyak rempah-rempah dan cabai) dianggap mengiritasi lambung, sehingga menghasilkan lebih banyak asam. Ini bisa membuat Anda merasa tidak tenang.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar