Yamaha

Habiskan Waktu di Rumah? Coba Tonton 5 Film Bertema Distopia Ini

  Kamis, 26 Maret 2020   Vina Elvira
Poster film Minority Report (2002). (impawards.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Bagi Anda yang selama seminggu ke belakang sedang menjalani social distancing, baik dengan work from home ataupun belajar dari rumah, pasti sudah mulai merasakan bosan dan jenuh dengan aktivitas rutin saat ini.

Sebagian dari Anda, mungkin mengisi waktu luang dengan menonton film atau serial di aplikasi streaming favorit untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan. Nah, bagi Anda yang bingung mau marathon film apa di minggu ini, film bertema distopia bisa menjadi pilihannya.

Distopia merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan keadaan yang bertolakbelakang dengan utopia (ideal), dan biasanya menceritakan kehidupan di dunia dan penuh kekacauan, baik itu karena sebuah wabah, bencana, perang, ataupun keadaan lainnya.

Film bertema distopia, seringkali menggambarkan situasi di masa depan, dan memperlihatkan kekacauan masyarakat bersamaan dengan kesenjangan sosial dan ekonomi. Film bertema distopia, seakan memberikan peringatan kepada para penonton untuk lebih peduli terhadap dunia dan seisinya.

Film bertema kekacauan ini, dijamin gak bakal bikin Anda bosan dan dapat membuat Anda lebih  peduli dan bersyukur terhadap keadaan saat ini.

Melansir dari berbagai sumber, 5 film bertema distopia ini yang bisa menemani social distancing Anda di rumah:

1. 12 Monkeys (1995)

Film ini, bercerita tentang keadaan di masa depan tepatnya 2035, di mana populasi manusia hanya tinggal 1 persen karena wabah virus misterius yang mematikan. Sisa manusia yang selamat tinggal di bawah tanah agar terhindar dari virus mematikan tersebut.

Tak berhenti sampai di situ, usaha untuk menemukan vaksin virus terus dilakukan. Salah satunya dengan membuat sebuah mesin waktu, da mengirimkan seorang voluntir yang merupakan tahanan untuk dikembali ke 1996 dan mengumpulkan informasi terkait virus tersebut.

Apakah sang voluntir bisa menemukan vaksin atau bahkan menghentikan penyebaran virus tersebut dan menyelamatkan masa depan?

2. City of Ember (2008)

Film ini berkisah tentang kota di bawah tanah Kota Ember. Kota ini merupakan kota terakhir di bawah tanah yang mengantungkan hidupnya dari generator pembangkit listrik selama ratusan tahun.

Sampai suatu hari, generator yang digunakannya pun sudah mulai rusak dan para warga mulai kehabisan persediaan makanan. Hal ini disadari oleh beberapa anak belasan tahun yang mencoba menyelamatkan diri, san keluar dari Kota Ember menuju ke permukaan bumi.

Meskipun bertema tentang kekacauan dunia di masa depan, film ini bisa ditonton oleh seluruh kelurga dan cocok ditonton semua umur. Anda akan merasakan film yang penuh dengan petualangan serta memecahkan banyak misteri yang tidak akan membuat Anda dan keluarha bosan.

3. Children of Men (2006)

Children of Men bercerita tentang sebuah dunia distopia di mana pada 2027, manusia tidak bisa bereproduksi tanpa sebab yang jelas. Hal ini membuat tatanan dunia menjadi kacau dan manusia berada diambang kepunahan karena tidak bisa beregenerasi.

Suatu hari, seorang birokrat bernama Theodore Faron didekati oleh Fishes, sebuah kelompok yang dianggap teroris. Salah satu anggota kelompok tersebut meminta bantuan Theodore untuk mendapatkan surat transit bagi seorang imigran perempuan bernama Kee.

Ternyata diketahui bahwa Kee hamil secara misterius. Theodore bersama anggota kelompok lainnya berusaha menyelamatkan Kee, karena Kee adalah harapan terakhir untuk menghentikan kepunahan umat manusia.

4. In Time (2012)

In Time berkisah tentang sebuah dunia distopia di masa depan, di mana pada 2169 manusia berhenti menua pada usia 25 tahun. Waktu hidup manusia, ditentukan oleh jam yang tertanam di lengan mereka. Dan masa perpanjangan hidup, bisa dibayar dengan harta.

Pada saat itu, kelompok manusia dibagi menjadi dua, yaitu kaya dan miskin. Si kaya bisa hidup hingga ratusan tahun karena harta yang dimilikinya. Sedangkan si miskin harus bertahan hidup dengan bekerja rodi yang upahnya dibayarkan untuk menambah umur mereka.

Will Salas seorang manusia yang tidak memiliki uang untuk memperpanjang umurnya, tanpa sengaja menerima sisa umur dari seorang konglomerat, yang membuat dia diburu karena dianggap membunuh orang tersebut.

5. Minority Report (2002)

Minority Report berkisah tentang teknologi di masa depan pencegahan perbuatan kriminal. Polisi yang bertugas mampu mendeteksi perbuatan kriminal yang akan terjadi, kemudian menangkap pelakunya sebelum sempat melakukan perbuatannya.

John Anderton sebagai chief, bertugas memetakan lokasi terjadinya perbuatan kriminal dibantu tiga orang berbakat yaitu Pre-Cogs, orang yang memiliki kekuatan khusus untuk melihat  masa depan dan memprediksi kejahatan.

John Anderton percaya bahwa sistem tersebut telah berjalan lancar. Sampai suatu hari, Pre-Cogs memprediksi Anderton akan melakukan pembunuhan dalam 36 jam ke depan. Kemudian dia memutuskan memecahkan misteri tersebut dan melarikan diri dari kepolisian yang berusaha untuk menangkapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar