Yamaha

Jokowi Tegaskan PSBB Belum Dilonggarkan, tapi Tengah Menyiapkan

  Senin, 18 Mei 2020   Republika.co.id
Presiden Jokowi. (setkab.go.id)

JAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Pemerintah belum akan melonggarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Demikian ditegaskan Presiden Joko Widodo yang juga meminta masyarakat untuk tetap disiplin menjalani protokol kesehatan.

"Saya ingin tegaskan bahwa belum ada kebijakan pelonggaran PSBB. Karena jangan muncul nanti keliru ditangkap masyarakat bahwa pemerintah sudah mulai melonggarkan PSBB, belum. Jadi belum ada kebijakan pelonggaran PSBB," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas percepatan penanganan pandemi covid-19 di Istana Merdeka, Senin (18/5/2020).

Namun, pemerintah saat ini tengah menyiapkan skenario pelonggaran PSBB. Skenario ini baru akan diputuskan setelah mempertimbangkan berbagai data dan fakta perkembangan corona di lapangan. "Karena kita harus hati-hati, jangan keliru kita memutuskan," ucap dia.

Jokowi mengatakan, dalam dua pekan ke depan, pemerintah pun masih akan fokus pada larangan mudik dan mengendalikan arus balik. Karena itu, ia meminta Kapolri dan Panglima TNI untuk memastikan larangan mudik ini berjalan efektif di lapangan.

"Dan perlu diingat juga bahwa yang kita larang itu mudiknya, bukan transportasinya," tegasnya.

Presiden mengatakan, moda transportasi masih dapat beroperasi dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat, untuk melayani distribusi logistik, mengangkut penumpang yang beraktivitas untuk urusan pemerintahan, kesehatan, maupun kepulangan pekerja migran, dan untuk urusan ekonomi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar