Yamaha

Pengelola Swalayan Diminta Perhatikan Rantai Dingin dan Sanitasi Higiene Daging

  Senin, 18 Mei 2020   Dede Nurhasanudin
Petugas Diskanak Purwakarta saat mengecek kondisi daging di swalayan daerah Jalan Pahlawan, Senin (18/5/2020). (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Dinas Peternakan dan Perikanan (Diskanak) Kabupaten Purwakarta melakukan inpeksi mendadak (sidak) ke pasar swalayan di Jalan Pahlawan, Purwakarta, Senin (18/5/2020).

Kasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan Winy Karmila mengatakan, pihaknya menyarankan kepada pengelola pasar untuk memperhatikan rantai dingin terhadap prodak beku dan juga sanitasi higiene terhadap daging.

"Higiene sanitiasi meja, alat potong, dan juga pegawainya," ujar dia.

Ia juga menyarankan kepada pengelola memastikan daging terbungkus rapi untuk menjaga kandungan protein yang terkandung di dalam daging tersebut.

"Daging itu kan tinggi akan protein, kalau penangannya tidak sesuai dengan higiene sanitasi maka akan tumbuh bakteri dan lainnya," kata Winny.

Ia menyebut di pasar swalayan ini masuk dalam kategori baik, namun pihaknya tetap menyarankan untuk memperhatikan rantai dingin dan higiene sanitiasi terhadap prodak beku.

"Di sini sudah bagus, tapi tetap menyarankan untuk tetap memperhatikan prodak tetap aman," kata dia.

Pada kesempatan sama, Divisi Manager Replant Giant Purwakarta, Acep Setiawan mengatakan, pihaknya selalu menjaga kualitas dan juga kesegaran daging termasuk pada penyimpanan produknya.

"Kebetulan penjualan daging di kami meroket apalagi penjualan daging kerbau lantaran harga daging sapi naik," ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar