Yamaha

Patut Dicontoh, Pemuda Sukasari Raup Potensi Tanaman Sorgum

  Kamis, 11 Juni 2020   Dede Nurhasanudin
Kadis DPMD Purwakarta Bumdes saat meninjau Bumdes Sukasari yang mengelola sorgum. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Sekelompok pemuda di Desa Sukasari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta menanam tanaman alternatif pengganti beras dan gandum, sorgum untuk meningkatkan roda ekonomi.

Para pemuda tergabung dalam BUMDes Sukasari Mandiri itu mengolah sorgum menjadi beberapa olahan seperti tepung, bahan kue, dan lainnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( DPMD ) Kabupaten Purwakarta Jaya Pranolo mengapresiasi kekreatifan para pemuda tersebut.

Menurutnya, Bumdes Sukasari mampu menjawab pertanyaan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan atau bantuan ekonomi yang diberikan pemerintah kepada mereka.

"Langkah inovatif Bumdes Sukasari bisa ditularkan untuk desa lain, bagaimana mengelola bantuan pemerintah dengan melihat potensi dan pemberdayaan masyarakat lokal. Masalah hasil itu relatif, karena ini adalah proses," ujar dia, Kamis (11/6/2020).

Menurutnya, menanam tanaman sorgum mempunyai prospek yang cukup menjanjikan apabila dikelola dengan baik, kontinyu, dan profesional.

"Jenis usaha pertanian (sorgum) oleh Bumdes Desa Sukasari harus dikelola dengan baik dan jangan bosan. Terus lakukan upaya perbaikan dalam proses produksi, pemasaran, dan pemanfaatan teknologi Informasi," kata Jaya menyarankan.

Diketahui, sorgum adalah tanaman dari keluarga rerumputan, masih satu keluarga dengan padi, jagung, dan gandum.

Biji sorgum memiliki kandungan karborhidrat tinggi sehingga dimanfaatkan sebagai makanan pokok oleh lebih dari 500 juta penduduk bumi.

Bagi dunia kesehatan, sorgum merupakan tanaman yang banyak memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh salah satunya baik untuk kesehatan pencernaan, jantung, mencegah kanker, dan lainnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar