Yamaha

Dispangtan Purwakarta Lihat Potensi Pengembangan Sorgum

  Selasa, 16 Juni 2020   Dede Nurhasanudin
Sorgum. (Pixabay)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Sorgum merupakan salah satu tanaman pangan lahan kering yang potensial dikembangkan di Indonesia, termasuk di Kabupaten Purwakarta.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Agus Rachlan Suherlan mengatakan, sorgum memiliki kemampuan beradaptasi pada lahan marginal dan membutuhkan air relatif lebih sedikit karena lebih toleran terhadap kekeringan dibanding tanaman pangan lain. Biji sorgum mempunyai kualitas nutrisi sebanding dengan jagung dan beras.

Di Purwakarta tumbuhan yang satu ini telah dibudidayakan di Desa Pasirmunjul, Kecamatan Sukatani dan Desa Sukasari, Kecamatan Sukasari.

Agus mengapresiasi pemuda Sukasari tergabung dalam Bumdes telah mengelola sorgum menjadi bahan dasar kue dan lainnya.

"Pengembangan sorgum ada di Sukasari tapi ada juga di Sukatani. Memang yang di Sukasari ini diinisiasi oleh BUMDes Sukasari. Saya pribadi sangat mengapresiasi," ujar dia, Selasa (16/6/2020).

Meski begitu, Agus menyebut sorgum belum menjadi tumbuhan prioritas untuk dikembangkan, namun ke depan tidak menutup kemungkinan tumbuhan ini akan dikembangkan di wilayah Purwakarta.

"Nanti kita lihat dulu pasarnya sebelum kemudian dibudidayakan lebih luas. Untuk saat ini yang menjadi prioritas padi dan jagung," kata Agus.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar