Yamaha

Hadapi AKB, Polres Purwakarta Gagas Kampung Tangguh dan Zona Tahan Pangan

  Kamis, 25 Juni 2020   Dede Nurhasanudin
Anggota Polres Purwakarta bersama warga menunjukan hasil olahan ikan patin yang dibuat di Kampung tangguh dan zona ketahanan di Kampung Tegal Buah, Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

JATILUHUR, AYOPURWAKARTA.COM -- Polres Purwakarta menggagas kampung tangguh dan zona ketahanan pangan dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau era new normal.

Kampung tangguh dan zona ketahanan pangan berlokasi di Kampung Tegal Buah, Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur. Inisiasi tersebut mendapat dukungan dari Pemkab dan Kodim 0619/Purwakarta.

Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan, melalui Kapolsek Jatiluhur Kompol Deni Hamari mengatakan, di kampung tangguh ini masyarakat melakukan pembibitan ikan patin yang kemudian diolah menjadi abon ikan, ikan asin fermentasi, dan juga melakukan pengemasan serta pemasaran hasil olahan.

"Di kampung tangguh ini, masyarakat dapat mengolah potensi alamnya berupa ikan air tawar menjadi abon ikan dan ikan asin fermentasi untuk dikonsumsi sendiri dan dijual agar menghasilkan nilai ekonomi," ujar dia, Kamis (25/6/2020).

Ke depan Kampung Tangguh ini, lanjut Deni, tidak hanya dipergunakan untuk pertahanan warga saja, tapi bisa juga untuk wisata edukasi.

"Kami berharap masyarakat Kampung Tegal Buah ini mampu mandiri dan menjadi kampung yang tangguh untuk ketahanan pangan dan ekonominya," kata Deni.

Sekdis Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta Ade M Amin turut mengapresiasi gagasan tersebut. Setidaknya, kata dia, ini dapat membantu perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan melimpahnya perikanan di Purwakarta.

"Di Purwakarta sendiri sudah ada pengolah ikan yang sama seperti itu, bahkan sudah ada juga mengolahan kulit ikan menjadi aksesoris," ujar dia ditemui terpisah.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar