Yamaha

MUI Purwakarta Ingatkan Pandemi Bukan Halangan untuk Berkurban

  Rabu, 29 Juli 2020   Dede Nurhasanudin
Ketua MUI Kabupaten Purwakarta, KH Jhon Dien. (ayopurwakarta/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COMĀ -- Lebaran Iduladha merupakan momentum untuk berkurban.

Di tengah pandemi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Purwakarta meminta masyarakat yang telah berniat berkurban tetap melaksanakannya.

"Jadi pandemi Covid- 19 jangan menjadi halangan bagi kita untuk kurban," ujar Ketua MUI Kabupaten Purwakarta, KH Jhon Dien, Rabu (29/7/2020).

Yang penting lanjut dia, menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah sebagai upaya menekan penyebaran virus. Semisal panitia menggunakan masker, tidak berkerumun dan telah memastikan jika hewan dalam keadaan sehat.

"Jika di suatu tempat atau masjid ternyata banyak hewan kurban yang harus dipotong, maka dapat di atur waktunya, jadi tidak usah sekaligus di potong hari itu juga. Karena sesuai ajaran, pemotongan hewan kurban dapat dilakukan dari mulai tanggal 10, 11,12 Djulhijah. Jadi waktunya di urai saja, dan itu kurbanya tetap sah, jadi tidak terjadi kerumunan," kata dia.

Sementara terkait pelaksanaan salat Id, masyarakat diminta tidak memaksakan diri jika situasi dan kondisi kesehatannya tidak memungkinkan.

Salat Id tidak mesti dilakukan di masjid namun juga dapat dilakukan di rumah.

"Sama seperti saalat Idul Fitri lalu, dapat juga dilakukan di rumah. Tapi jika memungkinkan melaksanakan salat Id di masjid, tetap jaga jarak dan memakai masker bila diperlukan," ujar KH Jhon Dien.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar