Yamaha

Dinsos Purwakarta Perbolehkan Agen E-Warung Belanja di Luar Bulog

  Kamis, 06 Agustus 2020   Dede Nurhasanudin
Agenda sinkronisasi Bansos 2020 di Aula Janaka Setda Purwakarta, Kamis, (6/8/ 2020). (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Kepala Dinas Sosial Kabupaten Purwakarta Asep Surya membolehkan agen warung elektronik alias e-warung berbelanja kebutuhan komoditi bantuan pangan non tunai (BPNT) ke pihak lain dari luar Bulog.

"Boleh, kan, di pedoman umum diatur begitu," kata Asep usai mengikuti acara sinkronisasi Bansos 2020 di Aula Janaka Setda Purwakarta, Kamis, (6/8/ 2020).

Hanya saja, lanjut dia, barang yang dibeli pihak agen tersebut harus memiliki standar dan kualitas yang bagus. Sebab barang-barang tersebut nantinya akan disalurkan kepada para keluarga penerima manfaat (KPM). "Iya, harus bagus," ujar dia.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi mengatakan, terkait kebutuhan komoditi BPNT, perlu ada upaya pemberdayaan produk dari petani maupun peternak lokal.

Selain komoditinya lebih segar karena diambil dari waktu dan tempat yang sama, komoditi lokal dinilai bisa membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar. "Kalau selama ini kan, kadang barang diambil dari luar," kata Dedi.

Ia mengatakan, komoditi juga harus variatif disesuaikan dengan keinginan penerima karena kebutuhan setiap masyarakat juga berbeda-beda. Hal ini diyakini akan meningkatkan peran e-warung di tengah masyarakat.

"Makanannya harus disukai masyarakat, dan kandungan gizinya bagus. Bisa saja, telor ayam diganti telor bebek," ujar Dedi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar