Yamaha

Uang Subsidi Upah Tahap Ketiga Dimungkinkan Cair Jumat

  Kamis, 10 September 2020   Aini Tartinia
ilustrasi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menerima 3,5 juta data nomor rekening peserta penerima bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) tahap ketiga oleh BPJamsostek.

Lantas, kapan pemerintah mulai mentransfer uang subsidi upah tersebut ke masing-masing rekening pekerja?

Menurut Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, sesuai petunjuk teknis (juknis) setelah menerima data akan diverifikasi kembali selama empat hari.

"Ya, kalau di juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknisnya kami ada waktu empat hari untuk melakukan checklist. Jadi, kalau dihitung 4 hari (sejak) kemarin berarti Jumat ya (ditransfer)," katanya kepada media, Rabu (9/9/2020).

Seperti biasa, kata Ida, setelah selesai dilakukan verifikasi data, lalu diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kementerian Keuangan. Kemudian, KPPN diserahkan ke Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

"Dari KPPN langsung ditransfer ke bank Himbara, dari bank Himbara langsung kepada rekening penerima," ujarnya.

Pada akhir September 2020, pemerintah berupaya menyelesaikan penyaluran subsidi upah kepada 15,7 juta pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta per bulan.

Hingga saat ini, sudah ada total 9 juta data mulai gelombang 1, 2 dan 3 yang telah diterima oleh Kemnaker. Penyaluran bantuan subsidi upah diberikan kepada pekerja atau buruh sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan yang akan diberikan setiap dua bulan sekali. Artinya, satu kali pencairan, pekerja akan menerima uang subsidi sebesar Rp1,2 juta.

Diketahui, BSU atau BLT ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar