Banyak Atlet di Purwakarta Terlahir karena Pengaruh Lingkungan

- Kamis, 10 September 2020 | 14:53 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA COM -- Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyebutkan bahwa Purwakarta mampu melahirkan sejumlah atlet potensial yang mampu membawa nama baik daerah. Di antara para atlet itu ada di cabang olahraga dayung, catur, dan angkat besi.

"Kecamatan Jatiluhur banyak melahirkan atlet dayung yang berprestasi. Di sana ada Waduk Jatiluhur sebagai sarana mereka berlatih," ujar dia usai kegiatan senam pagi Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-37 tingkat Kabupaten Purwakarta di Taman Pasanggrahan, Kamis (10/09/2020).

Selain itu, banyak atlet-atlet yang dilahirkan oleh kultur dan faktor lingkungan, bukan melalui cabor pembinaan yang ada di Purwakarta.

Semisal catur, keluarga atau orang tua atlet menyukai olahraga ini sehingga menurun ke anaknya.

"Ananda Natasya siswi SMP Maniis menjadi atlet catur berprestasi hingga tingkat internasional. Dia sudah menjuarai beberapa turnamen catur baik tingkat nasional maupun internasional, yang terakhir dia juara pertama catur di Malaysia Open," kata Anne.

Faktor kultur keluarga, masyarakat, dan lingkungan banyak menghasilkan dan membentuk atlet-atlet berprestasi asal Purwakarta.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berkomitmen untuk mendorong kemajuan olahraga di Purwakarta.

Untuk menyiasati hal tersebut, pihaknya telah memberikan sarana dan prasarana olahraga lain untuk masyarakat di desa-desa, dan wilayah kota terpusat di area Stadion Purnawarman.

"Komitmen kami mendorong cabor yang berprestasi itu dengan membuat sport center, secara bertahap kita lakukan perbaikan dan pembangunan sport center mulai tahun 2015, sampai hari ini terakhir renovasi Stadion Purnawarman, di dalamnya ada lapangan sepak bola, dan atletik. Untuk olahraga atletik, nantinya akan kita dorong dan sosialisasikan kepada anak-anak sekolah," ujar Anne.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pembangunan sarana olahraga, sampai seluruh cabor terakomodir untuk tempat latihannya.

"Tahun 2021 kita akan berkomitmen membangun sarana dan prasarana untuk cabor angkat besi, yang merupakan penghasil medali untuk Kabupaten Purwakarta," kata Anne.

Pada peringati Haornas ke-37, Pemerintah Kabupaten Purwakarta membuat MoU dengan beberapa perusahaan, baik itu BUMD atau swasta yang mempunyai komitmen dan berkontribusi terhadap olahraga berprestasi di Purwakarta.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Rekomendasi

Terkini

GTA 5 Uang Tak Terbatas dan Kode Lainnya

Jumat, 3 Februari 2023 | 14:14 WIB

Sastra Sunda: LAWUNG DI BASISIR CIUJUNG

Senin, 4 Oktober 2021 | 11:46 WIB

Lapas Purwakarta Panen Raya Sayuran Hidroponik

Kamis, 30 September 2021 | 16:59 WIB

Bumdes Subang Katalisator Pembayaran Pajak

Jumat, 13 Agustus 2021 | 14:14 WIB

Curhat PKL di Purwakarta Setelah PPKM Diperpanjang

Rabu, 4 Agustus 2021 | 17:59 WIB

Terpopuler

X