Yamaha

Satgas Citarum Harum Ajak Warga Purwakarta Menjaga Sungai Citarum Melalui PHBS

  Jumat, 11 September 2020   Dede Nurhasanudin
Kepala Bidang IKP Diskominfo Jawa Barat, Lopita rosa (kanan) memberikan piagam kepada Kepala Diskominfo Purwakarta Siti Ida Hamidah (kiri) (Dede/Ayopurwakarta)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat mengajak masyarakat Purwakarta menjaga Sungai Citarum dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Ajakan tersebut disampaikan melalui acara Focus Group Discussion (FGD) Akselarasi Pola Hidup Bersih dan Sehat di Sekitar DAS Citarum di Aula Grend Situ Buleud Purwakarta, Jumat (11/10/2020).

"Kita mengajak masyarakat yang berada di bantaran Sungai Citarum untuk lebih peduli lingkungan sekitar dengan cara menerapkan PHBS," ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat, Setiaji melalui Kepala Bidang IKP Diskominfo Jawa Barat, Lopita rosa ditemui disela-sela acara.

Ia mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menularkan pengetahuan tentang PHBS kepada masyarakat pada umumnya, mulai dari hal kecil seperti tidak membuang sampah atau limbah cuci ke Sungai Citarum.

"Mereka juga diharapkan bersedia membersihkan bantaran Sungai Citarum secara rutin," ujar dia.

Lopita pihaknya berkomitmen akan terus mengkampanyekan PHBS kepada masyarakat di sejumlah daerah yang terlintasi Sungai Citarum.

"Jangan sampai Sungai Citarum ini tidak memberikan daya guna kepada anak cucu kita nanti, maka dari itu kita sama-sama jaga sungai ini dengan baik," kata Lopita rosa.

Selain itu, ia menjelaskan Sungai Citarum merupakan sungai trategis nasional sebagai kesatuan ekosistem alami yang utuh dari hulu hingga hilir beserta kekayaan sumber daya alam dan sumber daya muatan.

Sungai Citarum mengalirkan air baku untuk kebutuhan domestik sekitar 27 juta penduduk. Sungai Citarum terbentang sepanjang 297 kilometer dengan hulu di Situ Cisanti yang terletak di kaki Gunung Wayang Kabupaten Bandung, dan bermuara di Pantai Utara Pulau Jawa Muara Gembong Kabupaten Bekasi.

"Aliran DAS Citarum ini melintasi 13 kabupaten/kota di antaranya Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Karawang, Purwakarta, Bekasi dan sebagian di Kabupaten Sumedang, Cianjur, Subang, Sukabumi dan Garut," ujar dia.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Purwakarta, Siti Ida Hamidah mengaku menyambut baik kegiatan FGD yang diselenggaran oleh Diskominfo Jabar ini.

Adapun peserta yang hadir merupakan masyarakat tergabung dalam Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) berasal di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Babakancikao, Maniis dan Jatiluhur.

"Tentu kami mengapresiasi dan kami juga akan mengajak kepada masyarakat untuk menjaga Sungai Citarum," jelasnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar