Yamaha

Padi Tarabas Dari Jepang Dikembangkan di Purwakarta

  Kamis, 24 September 2020   Dede Nurhasanudin
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melihat hasil panen benih padi tarabas. (Dede/Ayopurwakarta)

PURWAKARTAKOTA,AYOPURWAKARTA.COM -- Pemkab Purwakarta mengembangkan benih padi varietas baru yaitu tarabas.

Varietas baru itu ditanam di sebagian lahan 23 hektare di Tegal Onder berlokasi di Kecamatan Kota, yang hari ini Kamis (24/9/2020) dipanen Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bersama jajaran.

"Kami mulai mengembangkan varietas baru ini, kemudian nanti kita akan dorong para petani untuk mulai mengembangkan benih padi tarabas," ujar dia.

Menurutnya, varietas unggulan terbaru ini adalah kelompok japonika yang induknya berada di Jepang.

Gaya hidup semakin tinggi kemudian kebutuhan konsumsi dan pasar meningkat harus ditangkap para petani milenial untuk mulai bertani, dan mengembangkan varietas tarabas karena secara profit nilai jualnya cukup tinggi.

"Mudah-mudahan setelah uji coba di lahan pertanian milik pemda ini bisa di tanam di lahan lain di Purwakarta," kata Anne.

Saat disinggung keunggulan varietas tarabas, Anne menyebut perbedaannya lebih kepada rasa. "Kalau kata orang sunda nasinya itu pulen" ucap dia.

Selain itu, ia juga mengaku mengembangkan varietas lain untuk menekan angka stunting, yaitu varietas infari nutrizing.

"Melalui Dinas Sosial kita dorong supaya dibeli dari para petani, kemudian dimasukan ke dalam komponen untuk bantuan pangan non tunai. Sehingga dalam beras ada upaya untuk  peningkatan gizi warga termasuk penekanan angka stunting di Purwakarta," ujar Anne.

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar