Yamaha

Bangunan Jembatan Bailey, Pemkab Purwakarta Libatkan TNI

  Senin, 12 Oktober 2020   Dede Nurhasanudin
Jembatan Bodem ambruk beberapa waktu lalu. (Ayopurwakarta.com/Dede)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Pemkab Purwakarta melibatkan unsur TNI dalam pengerjaan jembatan sementara (bailey) di perbatasan Purwakarta-Subang di Desa Cijunti Kecamatan Campaka.

Jembatan sementara dibangun sebagai pengganti Jembatan Bodem yang sebelumnya ambruk beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengairan (DPUBMP) Kabupaten Purwakarta, Ryan Oktavia mengatakan, sejak 2015 pihaknya sering kali melibatkan TNI AD dalam pembangunan infrastruktur.

Melibatkan TNI tentu berdampak pada proses pembangunan terlihat begitu pesat.

"Untuk tahun ini, peran TNI juga kembali dilibatkan dalam pembangunan jembatan sementara (bailey) di perbatasan Purwakarta-Subang di Desa Cijunti Kecamatan Campaka," kata dia, Senin (12/10/2020).

Selain dilibatkan dalam pembangunan jembatan sementara, TNI juga dilibatkan dalam pembangunan pada tujuh ruas jalan di wilayah Kabupaten Purwakarta di antaranya Cikopo-Cilandak,Cibungur-Dangdeur, Margasari-Cikolotok, Cipinang-Cikadu, Nagrog-Cisair, Situ-Sukajadi dan Jatimulya-Pasar Minggu.

"Sebelumnya pelibatan TNI melalui program Karya Bakti TNI, BSMSS dan TMMD juga pernah dilakukan," ujar Ryan.

Ryan mengklaim persentase pembangunan jalan di Purwakarta mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Pada 2008, Purwakarta memiliki persentase ruas jalan baik sebesar 62,2 persen atau sepanjang 447 kilometer dari total panjang jalan kabupaten mencapai 728 94 kilometer.

"Akhir 2019 jalan baik di Purwakarta mencapai 86% Dari 728 94 kilometer, 556 079 kilometer merupakam jalan aspal, 134,710 kilometer jalan beton, dan 28,135 kilometer kondisi krikil. Jadi, sudah tak ada jalan tanah di wilayah kami. Adapun untuk yang krikil, itu masih dalam proses finishing," kata Ryan.

Ketika disinggung terkait pekerjaan tugas 14% yang belum terealisasi, Ryan mengaku harus disiapkan lantaran cukup besar ditambah belum adanya pemeliharaan infrastruktur.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar