Yamaha

Dispangtan Purwakarta Targetkan Musim Tanam Padi Lebih Awal

  Kamis, 15 Oktober 2020   Dede Nurhasanudin
Kadis Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta saat melakukan penanaman bersama kelompok tani Desa Cihuni Kecamatan Pasawahan beberapa waktu lalu. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta mendorong para petani melakukan tanam padi lebih awal pascapanen.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Agus Rachlan Suherlan mengatakan, hal itu dilakukan karena pada awal Oktober ini hujan mulai turun.

Jika dibandingkan pada tahun lalu, musim hujan tahun ini datang lebih cepat, oleh karena itu musim tanam Oktober-Maret 2021 diharapkan petani sudah mempersiapkan kegiatan olah tanah dan tanam.

"Kami telah melakukan penanaman padi di Desa Cihuni Kecamatan Pasawahan beberapa waktu lalu, sebagai contoh jika di awal bulan ini sudah bisa melakukan penanaman," ujar dia, Kamis (15/10/2020).

Ia menargetkan pada musim tanam Oktober-Maret 2021 dapat seluas 21.381 hektare. Target tanam tersebut meningkat dibandingkan tanam Oktober-Maret tahun lalu.

"Berdasarkan perhitungan data produksi tahun sebelumnya, diperkiraan musim tanam Oktober-Maret 2021 dapat menghasilkan kurang lebih 71.813 ton beras," kata dia.

Menurutnya, percepatan tanam ini juga merupakan komitmen bersama dalam meningkatkan hasil produksi dan produktivitas menjadikan pertanian sebagai andalan ekonomi Pemerintah Kabupaten Purwakarta di tengah masa pandemi Covid-19 yang dampaknya masih dirasakan oleh masyarakat.

"Hal ini selaras dengan Misi IV Kabupaten Purwakarta pada RPJMD 2018-2023 yaitu terwujudnya ketahanan pangan dan peningkatan daya saing pertanian, perikanan dan peternakan," kata Agus.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar