Yamaha

Masa Pandemi Harus Bisa Masak Sendiri? Inilah 3 Makanan Paling Mudah Dimasak

  Senin, 19 Oktober 2020   Editor
(Nur Khansa Ranawati/ayobandung.com)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Memasak merupakan skills yang setidaknya mesti bisa kita lakukan sebagai orang dewasa, apalagi di masa pandemi Covid-19 sekarang. Melepaskan ketergantungan membeli makanan di luar, tentu memasak makanan sendiri di rumah adalah pilihan yang paling masuk akal.

Namun, di era zaman now, banyak generasi muda yang tidak lagi cakap mengolah bahan makanan, meracik bumbu, dan menghidangkan makanan. Namun jangan khawatir guys, kamu masih bisa kok masak 3 makanan ini dengan simple dan santuy. 

Berikut 3 makanan yang paling mudah dimasak:

1. Nasi Goreng


Nasi goreng sepertinya masakan yang paling gampang dibuat. Memanfaatkan nasi dan telor kamu bisa menyantap makanan enak ini. Cara masak nasi goreng adalah:

Bahan-bahan
1 piring nasi dingin
5 bh cabe rawit, iris
3 bh bawang merah, iris
2 siung bawang putih, iris
1 btr telur
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica
secukupnya Garam

Langkah

Kocok telur beri sedikit garam. Panaskan minyak di wajan. Masukkan telur, bikin orak arik. Sisihkan dengan sisa minyak di wajan, tumis bawang merah, bawang putih dan cabe hingga harum. Masukkan nasi dan telur orak arik. Beri kecap, garam, gula dan merica. Aduk rata masak sambil terus diaduk hingga nasi agak kering. Koreksi rasa. Angkat. Sajikan nasgor dengan telur ceplok dan irisan timun

Tips : jumlah kecap bisa ditambah sesuai selera


2. Mie Instan Spesial

Bahan-bahan
1 porsi
1 bungkus mie instan
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
sesuai selera Cabai
1-2 lembar sawi (me: sawi putih)
1 butir telur
1 batang sosis (optional)
Secukupnya garam
Secukupnya saos
Secukupnya minyak (untuk menumis)
Secukupnya air

Langkah
Potong sawi dan sosis sesuai selera, iris tipis bawang merah, bawang putih dan cabai. Panaskan minyak, masukkan bawang merah, bawang putih dan cabai, tumis hingga harum.Masukkan telur dan di orak arik kasar, lalu masukkan sosis dan sawi. Tumis hingga sawi agak layu, lalu masukkan air. Jika sudah mendidih, masukkan mie instan, tunggu hingga setengah matang.Masukkan bumbu mie instan, garam, dan saos sambal. Cicipi rasanya. Tunggu hingga matang. Sajikan selagi panas.

3.  Orak-arik Sarden 

Bahan-bahan
2 butir telur ayam kocok lepas 
1 kaleng kecil sarden dan tiriskan 
1 sdm bawang putih cincang 
2 sdm irisan tipis cabai merah, buang bijinya 
1/2 sdt merica bubuk Garam secukupnya 
3 sdm minyak goreng 

Cara membuat orak-arik sarden: Panaskan dua sendok makan minyak di dalam wajan. Goreng telur yang sudah dikocok sambil diaduk-aduk hingga menjadi orak-arik, sisihkan. Panaskan kembali satu sendok makan minyak di dalam wajan. Tumis bawang putih cincang dan irisan tipis cabai merah hingga layu hingga keluar aroma harum. Masukkan sarden, merica, dan garam. Terakhir, masukkan telur yang sudah menjadi orak-arik. Aduk kembali agar ikan sarden dan telur orak-arik tercampur. Hidangkan sebagai pelengkap lauk nasi atau kentang rebus.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar