Yamaha

Klaster Keluarga dan OTG Bikin Covid-19 di Purwakarta Meningkat

  Kamis, 22 Oktober 2020   Dede Nurhasanudin
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Ayopurwakarta/Dede)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menyebut kasus Covid-19 masih tinggi bahkan kemarin peningkatannya cukup signifikan.

Dapat dikatakan rekor sejak merebaknya wabah virus corona di Purwakarta.

"Karena memang adalah klaster keluarga, peningkatan kemarin semuanya orang tanpa gejala (OTG) dan kontak erat dengan yang positif sebelumnya," kata dia ditemui usai deklarasi damai bersama sejumlah organisasi di Taman Maya Datar, Purwakarta, Kamis (22/10/2020).

Ia mengaku keluarnya hasil tes swab yang telah dilakukan mengalami keterlambatan karena ada beberapa kendala teknis di RSUD Bayu Asih Purwakarta, di antaranya kurangnya cairan reagen polymerase chain reaction (PCR).

Pihaknya telah berusaha untuk memenuhi kekurangan hingga pada akhirnya mendapat bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

Anne menyebut bantuan itu belum cukup untuk melakukan tracking secara masif di lapangan.

Hal itu telah disampaikan ke Provinsi Jawa Barat dan diharapkan dapat ditindaklanjuti.

"Kita kekurangan sehingga berdampak pada telatnya hasil tes swab, jadi kita menunggu hasil yang sebelumnya kita kirim ke Labkesda Jabar kemudian diketahui peningkatan kemarin adalah yang kontak erat dari positif sebelumnya," ujar dia.

Diketahui, penambahan jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 pada hari kemarin sebanyak 36 orang.

"19 dari kecamatan kota sementara sisanya tersebar di sejumlah kecamatan," ujar Anne menambahkan.

Sementara mengenai penerapan pembatasan sosial berskala mikro (PSBM), Anne mengklaim efektif karena masyarakat memakai masker semakin tinggi.

Hanya saja, ia mengaku tidak bisa membatasi masyarakat bekerja di zona merah, karena berdasarkan peraturan Kemenkes ada 11 sektor tidak bisa ditutup satu di antaranya adalah industri.

"PSBM saya kira berdampak menurunkan kasus karena penambahan yang terjadi kemarin itu adalah kontak erat dengan yang positif sebelumnya," kata Anne.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar