Yamaha

Belum Usai, China Alami Lonjakan Pasien Covid-19 Tanpa Gejala

  Senin, 26 Oktober 2020   Republika.co.id
Warga menggunakan masker untuk menghindari penyebaran virus Corona. (AP Photo)

SHANGHAI, AYOPURWAKARTA.COM -- Pandemi Covid-19 belum kunjung mereda di China. Bahkan otorita setempat melaporkan terjadi lonjakan pasien positif Covid-19 asistomatik atau tanpa gejala.

Kasus ini pun menjadi yang tertinggi setelah hampir tujuh bulan berlalu infeksi massal yang tidak diketahui asalnya di wilayah barat laut provinsi Xinjiang. Xinjiang menjadi lokasi kamp normalisasi etnis Uighur oleh pemerintah China.

Dilansir Reuters pada Senin (26/10), otoritas kesehatan Xinjiang menemukan 137 kasus Covid-19 tanpa gejala pada Minggu (25/10). Penemuan ini terjadi di tengah uji coba untuk 4,75 juta orang di daerah Kashgar yang dipicu oleh infeksi tanpa gejala pada seorang pekerja pabrik garmen wanita berusia 17 tahun. Kasus ini dilaporkan pada Sabtu (24/10).

Tidak jelas bagaimana infeksi massal terjadi, meskipun semua kasus baru terkait dengan pabrik garmen. Kasus wanita itu ditemukan selama pengujian rutin tetapi tidak jelas mengapa dia awalnya menjadi sasaran pengujian tersebut.

Otorita setempat bekerja menelusuri kontak untuk menemukan asal wabah yang sedang berlangsung. Sebanyak 20 kasus baru yang dikonfirmasi dan 161 kasus asimtomatik baru yang dilaporkan pada 25 Oktober berasal dari tinjauan Komisi Kesehatan Nasional China.

Jumlah infeksi baru tanpa gejala kali ini adalah yang tertinggi sejak China mulai menerbitkan hitungan harian mulai dari yang dilaporkan pada 31 Maret. Lebih dari 2,84 juta orang di daerah Kashgar telah dites Covid-19 pada Minggu sore dan sisanya diharapkan selesai pada Selasa (27/10/2020).

Skala dan kecepatan pengujian tersebut sejalan dengan yang terlihat selama gelombang wabah baru termasuk yang terbaru di Qingdao awal bulan ini. Meskipun jumlah kasus Covid-19 baru turun tajam di China dari puncaknya pada Februari, pemerintah tetap mewaspadai gelombang infeksi baru.

Pemerintah berusaha mempertahankan kemampuan pengujian massal dan cepat agar memantau infeksi. Jumlah total kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di China hingga saat ini mencapai 85.810, sementara jumlah kematian tetap tidak berubah di angka 4.634.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar