Yamaha

Khawatir Pohon Tumbang, Dinas Pertamanan Lakukan Pemangkasan Tiap Hari

  Senin, 16 November 2020   Dede Nurhasanudin
Petugas saat melakukan pemangkasan pohon di bahu Jalan RE Martadinata, Purwakarta. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Curah hujan tinggi di Kabupaten Purwakarta tidak hanya menimbulkan bencana alam longsor dan banjir, melainkan juga menyebabkan pohon tumbang di bahu jalan yang mengancam keselamatan pengguna jalan dan permukiman warga.

Kekhawatiran itu setidaknya diungkapkan oleh salah seorang pengguna jalan, Diki Julkifli (29). Menurutnya, di sejumlah ruas jalan seperti di Jalan Veteran, Ahmad Yani, dan Jalan RE Martadinata,  Kabupaten Purwakarta terdapat pohon-pohon besar.

Dia khawatir jika tidak segera dipangkas pohon tersebut tumbang dan menutup akses jalan atau menimpa rumah warga.

"Ketika turun hujan disertau angin beberapa waktu lalu, ada pohon tumbang di sekitar Taman Pembaharuan, jika tidak dilakukan pemangkasan khawatir hal serupa terulang kembali," ujar dia, Senin (16/11/2020).

Sementara, Kepala Bidang Pertamanan dan PJU pada Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kosasih mengaku pemangkasan pohon di sekitar kota dilakukan setiap hari.

Petugas patroli memangkas pohon yang mengganggu PJU dan yang sekiranya membahayakan. "Pemangkasan dilakukan karena khawatir rubuh pada musim hujan ini," kata dia.

Dia mengatakan, pemangkasan pohon tetap dengan menjaga ruang terbuka hijau agar di sekitar kota tetap teduh. "Tidak semua tangkainya kita pangkas, karena penghijauan harus tetap ada," ujar Kosasih.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar