Yamaha

6 Jenis Madu yang Tersebar di Seluruh Dunia

  Jumat, 20 November 2020   Redaksi AyoBandung.Com
ilustrasi. (Freepik)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Saat ini pasar dibanjiri dengan begitu banyak jenis madu, dengan masing-masing memiliki rasa, rasa dan warna yang khas. Ada lebih dari 300 jenis madu yang tersebar di dunia saat ini, dengan masing-masing memiliki manfaat kesehatan dan nutrisi yang istimewa.

Jenis madu yang berbeda dikategorikan berdasarkan sumber bunganya, tetapi tahukah Anda bahwa meskipun diambil dari bunga yang sama di lokasi yang sama, rasanya masih dapat berbeda? Itu karena perbedaan suhu atau tingkat curah hujan. Madu yang berwarna lebih terang cenderung memiliki rasa yang lebih lembut dibandingkan dengan yang lebih gelap.

Secara garis besar, madu dapat dikategorikan mentah dan diolah. Madu mentah adalah bentuk madu yang lebih alami dan dianggap lebih murni daripada madu olahan.

Lebih spesifiknya madu memiliki banyak jenis seperti dilansir dari Dabur Honey, di antaranya:

1. Madu aster

Madu berwarna terang ini sebagian besar diekstraksi di Amerika Serikat. Madu aster memiliki konsistensi yang kental dan halus disertai dengan bau harum yang khas.

Madu ini cenderung mengkristal lebih cepat dari kebanyakan madu lainnya dan rasa madu ini yang paling enak bila digunakan sebagai bahan alami dalam berbagai minuman atau makanan penutup.

2. Madu Alpukat

Madu Alpukat tidak memiliki rasa seperti alpukat, tetapi diekstrak dari bunga alpukat California. Madu ini berwarna gelap dengan rasa yang kaya mentega sehingga bisa dijadikan sebagai saus salad atau bumbu yang lezat bila dicampur dengan bahan lain.

3. Madu Beechwood

Madu dikenal sebagai Honeydew, madu ini berasal dari bagian Selatan Selandia Baru. Sumber dari madu ini yaitu dari getah yang dihasilkan kutu daun pada kulit pohon beechwoo, kemudian dikumpulkan lebah. Madu beechwood banyak digunakan sebagai sirup untuk pancake dan salad buah karena sifat aromatiknya.

4. Madu Macadamia

Madu macadamia pertama kali ditemukan di Australia, bersumber dari nektar bunga pohon kacang macadamia. Warna pekat dengan aroma yang kompleks sehingga memiliki rasa pedas yang halus.

5. Madu Pinetree

Madu pinetree berasal dari Yunani. Berbeda dengan rasa manis madu lainnya, madu pinetree memiliki rasa yang sedikit pahit dengan aroma kuat, kaya akan mineral dan protein. (Ariel Teguh Nurahman)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar