Yamaha

5 Ramuan Alami untuk Obati Batuk

  Jumat, 20 November 2020   Redaksi AyoBandung.Com
Ilustrasi petani garam. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Kamu bisa menggunakan obat batuk alami yang tidak kalah khasiatnya daripada obat kimiawi dan mudah didapatkan. Obat alami ini juga bisa kamu coba di rumah dan terbukti efektif hilangkan dan meredakan batuk.

Dikutip dari Medical News Today, ini beberapa obat batuk alami yang bisa kamu coba.

1. Teh Madu

Jika kamu merasa tidak nyaman dengan Batuk berkepanjangan, salah satunya dengan meminum teh Madu. teh Madu selain rasanya yang manis, juga bisa meredakan batuk berdahak atau batuk ringan.

2. Jahe

Jahe dapat meredakan batuk kering atau asma, karena memiliki sifat anti-inflamasi. Ini juga dapat meredakan mual dan nyeri. senyawa anti-inflamasi dalam jahe, dapat mengendurkan membran di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk. Konsumsi jahe secukupnya, karena jika berlebih maka akan juga berdampak pada pencernaan, Seperti sakit perut dan mulas.

3. Timi

Selain dapat di olah menjadi bahan masakan, Timi juga bisa mengobati batuk, sakit tenggorokan, bronkitis, dan masalah pencernaan.

Untuk mengobati batuk dengan daun Timi, buat teh Timi dengan menambahkan 2 sendok teh timi kering ke dalam secangkir air panas. Seduh selama 10 menit sebelum disaring dan diminum.

4. Air garam

salah satu cara lainnya, dengan berkumur air garam. Hal ini terbukti efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk basah. berkumur Air garam juga dapat mengurangi dahak dan lendir di bagian belakang tenggorokan.

Misalnya, campurkan setengah sendok garam ke dalam air hangat. Sebelum digunakan untuk berkumur, diamkan hingga air terasa dingin. Biarkan campuran itu berada di belakang tenggorokan selama beberapa saat sebelum dimuntahkan.

5. Uap

uap pada air panas dapat meredakan  Batuk basah, juga mengeluarkan lendir atau dahak. Kamu dapat menggunakan mangkok, dengan memasukan air panas ke dalam mangkok, hirup uap dari air panas tersebut dengan handuk di atas kepala selama 5 menit.

 Minumlah segelas air setelahnya untuk mendinginkan dan mencegah dehidrasi. Kamu bisa melanjutkan kembali di rasa kulit telah sejuk kembali. (Deni Suhendar)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar