Yamaha

Begini Sensasi Divaksin Covid-19 versi Ridwan Kamil

  Senin, 11 Januari 2021   Fichri Hakiim
ilustrasi vaksin. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjelaskan bahwa efek samping dari suntik vaksin merupakan hal yang wajar. Tak hanya itu, ia juga mengimbau agar masyarakat tidak termakan informasi negatif tentang vaksin.

"Saya sehat seperti biasa, bisa dilihat kami aja relawan tiap minggu disiplin. Kalau ditanya sebagai pribadi kelas laki-laki saya usia-usia 49, hanya linu dan pegel selama 1 jam. Kami sudah dua kali disuntik dan bulan depan Februari akan dilaporkan Biofarma ke BPOM hasilnya, bocorannya sementara hasilnya baik kira-kira begitu," ujarnya di Polda Jabar, Kota Bandung, Senin (11/1/2021).

Ridwan Kamil juga menuturka, bahwa berita efek samping dari suntik vaksin dapat menyebabkan kebengkakan itu hal yang tidak benar.

"Kalau saya tiga hari agak mengantuk menjelang magrib, biasanya tidak pernah, hanya itu saja. Dulu khawatir kan katanya ada bengkak, tapi tidak ada. Khawatir ada demam juga, tidak ada. Khawatir badan berubah, kemudian itu tidak ada. Kita melaporkan apalagi berubah menjadi warna hijau atau Spider-Man itu tidak ada," jelasnya.

AYO BACA : Diskon Waterboom Cikarang Bekasi Berujung Penutupan Operasi

Setelah menjadi relawan vaksin, Ridwan Kamil juga menjelaskan bahwa dirinya dalam keadaan sehat dan tidak merasakan dampak apapun.

"Kami juga melengkapi kebugaran ini dengan pertama olahraga, kedua suplemen vitamin dan lain-lain, itulah tambahan. Kumaha eta divaksin dengan Gubernur Jabar dan Forkopimda, itulah sosok yang sudah divaksin tidak ada terlihat lesu, tidak ada terlihat lemah, gimana semuanya terlihat sehat bugar walafiat," tuturnya.

Tak hanya itu, Ridwan Kamil juga berharap agar masyarakat dapat yakin dengan adanya vaksin tersebut.

"Dengan begitu kita yakin insya Allah kita bisa beraktivitas, punya keyakinan di tubuh kita ada antibodi untuk melawan Covid dan supaya menyemangati orang-orang yang masih tidak yakin," katanya.

AYO BACA : Menkes: Distribusi Vaksin Covid-19 Temui Kendala

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar