Yamaha

Sejumlah Wilayah Purwakarta Rawan Bencana saat Musim Hujan, Catat Nama Kecamatannya

  Selasa, 12 Januari 2021   Dede Nurhasanudin
Ilustrasi bencana longsor. (Ayobandung.com/Tri Junari)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengakui jika sejumlah wilayah di daerah yang dipimpinnya rawan terjadi bencana alam longsor dan banjir dimusim penghujan ini.

Atas kondisi itu, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi dengan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait dalam menangani kebencanaan.

"Kami sudah petakan mana-mana saja wilayah rawan banjir dan rawan terjadinya bencana longsor," kata dia, Selasa (12/1/2021).

Adapun wilayah masuk dalam rawan banjir ada di Kecamatan Purwakarta dan sekitarnya.

Sementara bencana longsor, kata Anne, berada di daerah dengan dataran tinggi, seperti Kecamatan Pondoksalam, Tegalwaru, Wanayasa, dan Kecamatan Bojong.

"Wilayah itu berdasarkan mitigasi bersama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB. Bahkan di wilayah-wilayah itu sudah kami buatkan posko yang sama dengan posko pandemi Covid-19. Jadi, masih dalam satu satgas," ujar Anne.

Ia menyebut, persoalan kebencanaan sudah mulai dirasakan di Purwakarta, seperti yang terbaru adanya bencana banjir di wilayah Kampung Selaeurih, Desa Bunder, Kecamatan Jatiluhur.

Di kampung itu sebanyak tiga rumah terendam banjir lantaran longsoran tanah yang menyumbat di saluran air, sehingga meluap ke pemukiman warga.

Belum lagi, permasalahan banjir cileuncang kerap terjadi di sekitar perkotaan Purwakarta, semisal di sekitar Taman Air Mancur Sri Baduga (Situ Buleud) hingga ke wilayah Munjuljaya.

"Berdasarkan data di DPKPB, sepanjang 2020 bencana longsor berada di posisi kedua terbanyak setelah kebakaran dengan persentase 33%," kata Anne.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar