Yamaha

Aman Bersepeda saat Musim Hujan, Simak 5 Tips Ini!

  Kamis, 21 Januari 2021   Editor
ilustrasi bersepeda. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Terdapat sejumlah hal yang mesti diperhatikan pengguna sepeda saat musim hujan.

Bagi Anda yang terlanjur bersepeda dalam kondisi hujan atau memang sengaja ingin menggenjot pedal saat turun hujan, berikut beberapa tips aman bersepeda saat hujan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengontrol kecepatan

AYO BACA : Jumlah Penduduk Pulau Jawa Terus Menurun, Kalimantan Terus Naik

Anda harus bisa mengontrol kecepatan. Jangan terlalu terburu-buru dan terlalu cepat. Anda harus cermat dalam mengayuh sepeda dalam kondisi jalan yang serba terbatas. Apalagi jalanan yang dilalui basah dan mungkin saja banyak genangan.

2. Mengatur tekanan angin pada ban

Untuk melewati medan yang licin dan basah, Anda sebaiknya memeriksa kondisi ban terlebih dahulu. Ada baiknya menurunkan tekanan angin ban 15-20 psi dari biasanya agar ban lebih mencengkeram jalan.

AYO BACA : Benarkah Erotomania Penyakitnya Orang Suka Baper?

3. Selalu disiplin di jalan

Salah satu yang menentukan keselamatan adalah perilaku di jalan saat bersepeda. Tetap disiplin, walaupun kondisi trek jalan tidak seperti biasanya. Gunakan jalur yang sudah ditentukan dan tetap patuhi rambu lalu lintas. Usahakan agar Anda mudah dilihat oleh pengendara lain.

4. Perhatikan tata cara pengereman

Melakukan pengereman saat hujan tidak bisa dilakukan seperti saat kondisi kering. Pengereman sepeda saat hujan biasanya memakan waktu lebih lama. Lakukan pengereman secara halus dan pelan-pelan agar kecepatan turun secara bertahap. Hal ini dilakukan untuk menghindari berhenti mendadak di jalan basah.

5. Bersihkan sepeda

Setelah diguyur dan menerabas hujan, jangan lupa untuk selalu membersihkan sepeda dan melumasi rantai rodanya. Bila dibiarkan, air hujan akan membuat sepeda cepat berkarat dan mengakibatkan kerusakan.

AYO BACA : Cara Aman Konsumsi Telur Mentah, Ayo Simak!

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar