Yamaha

Meski Belum Terima Kuota, Ribuan Nakes di Purwakarta Siap Jalani Vaksinasi Covid-19

  Jumat, 22 Januari 2021   Republika.co.id
vaksinasi covid-19 bagi tenaga kesehatan (nakes). (Ayobandung.com)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Ribuan tenaga kesehatan Kabupaten Purwakarta siap mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 meski belum ada kepastian kapan tepatnya waktu vaksinasi Covid-19 di daerah tersebut.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Purwakarta Elitasari Kusuma Wardani menyampaikan, 4.240 kuota vaksin covid-19 akan diterima Pemkab Purwakarta. Meski ia mengatakan, hingga kini belum ada kepastian kapan waktu vaksinasi Covid-19 di daerahnya karena pihaknya belum menerima vaksin.

"Jumlah vaksin yang akan kami terima sekitar 4.240, diberikan untuk 2.120 tenaga kesehatan sasaran yang ada di Purwakarta," kata dia, Kamis (21/1/2021).

Dinas kesehatan daerah itu tengah menggencarkan sosialisasi mengenai pentingnya vaksinasi kepada pihak-pihak yang masuk tahap pertama, seperti tenaga kesehatan.

Menurut dia, mekanisme vaksinasi Covid-19 di Purwakarta, di antaranya adalah semua tenaga kesehatan yang akan menerima pendaftarannya menggunakan sistem aplikasi P-Care dan mengisi identitas pada aplikasi tersebut.

Dikatakannya, nama-nama para tenaga kesehatan yang mendapatkan suntikan vaksin memang telah terdata di sistem informasi sumber daya kesehatan yang ada di dinkes.

Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tak diperbolehkan menyatukan antara vaksinasi dengan pelayanan. Hal itu tergantung pada kondisi gedung yang akan menjadi lokasi vaksinasi.

"Pasien sakit dan pasien vaksin tidak boleh dalam satu tempat," katanya.

Dinas Kesehatan Purwakarta menyiapkan dua tenaga untuk vaksinasi di setiap puskesmas yang ada di Purwakarta. Total petugas vaksinasi di Purwakarta sebanyak 82 orang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar