Yamaha

Kurangi dan Redakan Nyeri, Ini Titik Pijat untuk Sakit Gigi

  Jumat, 22 Januari 2021   Editor
ilustrasi pijat lengan untuk alternatif mengobati rasa sakit. (doktersehat.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Sakit gigi memang paling mengganggu, apalagi saat Anda tengah beraktivitas berat, misalnya bekerja. Alih-alih pergi langsung ke dokter yang membutuhkan waktu, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi atau mengobati rasa sakit gigi.

Pengobatan ini hanya bersifat alternatif dan bisa dilakukan manual oleh sendiri. Melansir SehatQ, pengobatan dimaksud adalah dengan pijat sakit gigi. Berikut titik-titik pijat sakit gigi yang bisa Anda lakukan:

  1. Tulang pipi
  2. Rahang
  3. Di antara ibu jari dan jari telunjuk
  4. Lengan bagian atas
  5. Di antara jari telunjuk dan jari tengah

Pijat sakit gigi dilakukan dengan cara memberikan tekanan atau pijatan di titik-titik tertentu pada tubuh Anda. Pijatan tersebut akan memberikan sinyal tubuh untuk meredakan ketegangan, mengatasi masalah aliran darah, dan mengurangi rasa sakit.

Titik-titik pijat sakit gigi
Ada berbagai titik pijat sakit gigi yang dapat membantu meredakan rasa nyeri dengan cepat. Akan tetapi, Anda tidak diharuskan menggunakan semua titik ini. Anda hanya perlu memijat satu atau dua dari titik tersebut setiap kali sakit gigi timbul. Berikut adalah beberapa titik-titik pijat sakit gigi.

1. Tulang pipi
Titik pijat yang terletak di tepi bawah tulang pipi ini dapat dimanfaatkan dengan memberikan tekanan yang kuat dan stabil menggunakan jari telunjuk dan jari tengah.Tahan tekanan tersebut selama satu menit penuh. Titik pijat tulang pipi digunakan untuk meringankan sakit gigi dan gusi bengkak.

2. Rahang
Titik pijat sakit gigi ini terletak di tengah rahang atas dan bawah, tepatnya pada otot di depan daun telinga yang menonjol keluar.Gunakan ibu jari Anda untuk memijat titik ini selama 1 menit penuh untuk meredakan sakit rahang, sakit gigi di rahang bawah, sakit kepala, dan sakit leher.

3. Di antara ibu jari dan jari telunjuk
Titik pijat di antara ibu jari dan jari telunjuk adalah titik yang paling efektif untuk meredakan rasa sakit yang sifatnya kronis.Akan tetapi, titik ini tidak disarankan untuk wanita hamil karena rangsangannya dapat menyebabkan kontraksi prematur. Selain meredakan sakit gigi, pijatan di titik ini juga bermanfaat untuk meredakan migrain, demam, penyakit kulit, dan masalah mata.

4. Lengan bagian atas
Titik pijat yang terletak di sisi luar lengan bagian atas ini juga dapat dimanfaatkan dalam pijat sakit gigi. Titik ini bahkan dianggap sebagai titik pijat yang paling efektif.Selain sakit gigi, titik di sisi luar lengan atas ini juga bermanfaat untuk meredakan rasa sakit karena penyakit tiroid, demam, dan epilepsi.

5. Di antara jari telunjuk dan jari tengah kaki
Titik pijat ini berada di bagian atas kaki, tepatnya di antara jari telunjuk dan jari tengah kaki. Untuk memijatnya, Anda harus memberikan tekanan yang kuat dan stabil pada titik pijat ini dan tahan selama 1 menit.Di samping meredakan sakit gigi, pijatan pada titik ini juga dapat membantu meringankan sakit rahang atas, sakit tenggorokan, sakit lambung, serta gangguan pencernaan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar