Yamaha

Produksi Bahan Baku Vaksin Covid-19 Ditargetkan Selesai Bulan Ini

  Selasa, 02 Februari 2021   Suara.com
Ilustrasi vaksin Covid-19 Sinovac (ayobandung.com)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Bahan baku vaksin Covid-19 dari Sinovac, China, yang dikirim pada 12 Januari 2021 ditargetkan selesai produksi pada minggu kedua bulan ini.

Pada saat itu, Indonesia mendapat kiriman sebanyak 15 juta dosis bahan baku vaksin serta tambahan 1,5 juta vaksin overfill atau vaksin setengah jadi.

Juru bicara vaksin dari Biofarma Bambang Heriyanto mengatakan, setelah seluruh bahan baku selesai dibuat menjadi vaksin jadi akan digunakan untuk memvaksinasi tenaga layanan publik termasuk petugas TNI-Polri.

"Vaksin yang sudah jadi tersebut rencananya akan dialokasikan untuk petugas publik dan tenaga layanan publik termasuk TNI-Polri mulai akhir Februari 2021," kata Bambang dalam konferensi pers virtual pengiriman vaksin Covid-19, Selasa (2/2/2021).

Proses pendistribusian vaksin Covid-19, lanjutnya, akan menggunakan sistem manajemen distribusi vaksin yang terintegrasi dilengkapi dengan dashboard internet of things untuk menjaga kualitasnya.

"Untuk diketahui bahwa kemasan vaksin Covid-19 kali ini akan diberi nama Covid-19 Vaksin. Ini memiliki kemasan yang berbeda dengan vaksin yang sebelumnya didistribusikan yaitu Coronavac," terangnya.

Perbedaan lainnya juga, 3 juta dosis Coronavac sebelumnya dikemas dalam dosis tunggal, di mana satu dus berisi 40 dosis.

Sementara Covid-19 Vaksin yang baru nantinya akan dikemas dalam kemasan multi dose.

"Sehingga satu dus berisi 100 dosis," ujarnya.

Indonesia menargetkan mendapat 140 juta dosis bahan baku vaksin dari Sinovac. Pengiriman kedua bahan baku telah dilakukan hari ini sebanyak 10 juta dosis bahan baku dan 1 juta vaksin overfill.

Bambang menyampaikan bahwa Biofarma baru akan mulai memproduksi bahan baku tersebut pada 13 Febuari dan ditargetkan selesai Maret 2021.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar